Muhammad Zainul Rusdi, Maba IAIN Parepare Hafal 30 Juz Alquran

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Senin, 1 September 2019 bertempat di Gedung Auditorium, Rapat Pimpinan Peresmian Mahasiswa Baru IAIN Parepare Tahun Akademik 2019 berlangsung. Sitti Jamilah Amin, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (APL) menyampaikan laporannya di depan pimpinan dan civitas kampus, seputar data dan kondisi mahasiswa baru tahun akademik 2019 pasca kegiatan PBAK.

Salah satu poin yang dilaporkan Wakil Rektor Bidang APL ini adalah hasil tes baca Alquran bagi mahasiswa baru. Berdasarkan hasil tes baca Alquran yang dilakukan tim tester pada masing-masing fakultas, ditemukan ada dua mahasiswa baru yang terdeteksi sebagai tahfidzul Alquran 30 Juz. Salah satu nama yang disebut adalah Muhammad Zainul Rusdi.

Setelah menelusuri dan menghimpun data-datanya, maka tim Himas menemukan profil lengkap tahfidzul Alquran 30 Juz ini. Berikut ini uraian profilnya.

Pada tahun 2019 ini, Muhammad Zainul Rusdi  berusia 19 tahun. Tepatnya, Zainul lahir pada 16 November 2000 di Tanre Assona, salah satu kampung di desa Padakkalawa, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang. Muhammad Zainul adalah anak ke- 2 dari pasangan Ipda Rusdi dan Suriante Tahe. Ipda Rusdi bekerja sebagai anggota Polri yang kini menjabat sebagai anak Kapospol Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang.

Sementara Suriante Tahe yang berprofesi ibu rumah tangga adalah salah satu tahfidz Alquran di Kabupaten Pinrang. Mewarisi dan berkat didikan ibunya. Pada usia sekolah TK, Muhammad Zainul Rusdi sudah gemar membaca dan menghafal Alquran. Pada saat sekolah dasar, ia sering mengikuti nuzulul Alquran dan berhasil mendapatkan juara.

Zainul mengecap pendidikan di pondok pesantren. Tingkat SMP, dia masuk ke Pondok Pesantren binaan Dr. KH. Muh. Yunus Samad, Lc, yaitu Pondok Pesantren Ittihadul Uswrati wal Jamaah DDI Lerang-lerang, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang. Di Pondok ini, Zainul menghafal Alquran 4 Juz.

Setelah tamat dari Pesantren Lerang-lerang, Zainul melanjutkan studinya dengan masuk ke Pondok Pesantren Manbaul ‘Ulum Addariyah DDI Patobong Hafiz Alquran.

Di pondok pesantren Patobong, Zainul sudah mampu menghafal Alquran sebanyak 9 jus. Setelah itu, ia melanjutkan ke Pondok Tahfidz Quran Zamsam Makassar. Di sini, Zainul memperoleh ijazah hafalan 10 Juz pada tahun 2017.

Selanjutnya, Zainul meraih ijazah hafalan 30 juz dari Pondok Tahfidz Karantina Nasional di Kuningan Jawa Barat. Di Pondok Pesantren ini, Zainul mampu menghafal Alquran sebanyak 30 jus. Saat ini, Muhammad Zainul Rusdi tercatat sebagai mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab. (rls/dmh)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News