Meski Akses Internet Belum Memadai, Tapi Puskesmas Batulappa Punya Inovasi Klik Akun Bumil

PINRANG, PIJARNEWS.COM–Guna Mengikuti perkembangan informasi di era milenial, sebuah inovasi Web Klik Akun Bumil di launching Puskesmas Batulappa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang, Kamis (17/12/2020).

Kepala Puskesmas Batu Lappa, Ismail menjelaskan, inovasi aplikasi tersebut di kembangkan melaluli pemanfatan teknologi informasi tepat guna. Aplikasi yang berbasis web khusus pelayanan ibu hamil itu sangat mudah di implementasikan karena tidak memerlukan penginstalan, dapat dijalankan dimanapun, kapanpun, dapat di oprasikan dengan sistem operasi windows, linux danadroid serta dapatdi akses dengan perangkat media.

Kecamatan Batu Lappa kata dia, merupakan salah satu daerah yang terletak di kawasan pegunungan yang cukup terjal. Meski memiliki akses jalan maupun jaringan internet yang belum sepenuhnya memadai, namun tidak menjadi hambatan untuk terus berinovasi.

“Aplikasi Klik Akun Bumil ini telah di jalankan sejak bulan februari 2020 hingga sekarang ini, aplikasi ini sangat membantu para Bidan dalam mengontrol Bumil yang ada di wilayah kerja puskesmas,” ujarnya.

Pemanfaatannya tersedia register kontrol ibumil secara mobile, tersedianya data dan informasi kondisi ibu hamil, memudahkan penjaringan bumil Resti, mempercepat dalam pengambilan keputusan klinis.

Selain itu Fiturnya dilengkapi dengan input data Bumil, jadwal pemeriksaan hari ini, jumlah pemeriksaan hari ini, taksiran persalinan hari ini, jumlah semua Bumil, jumlah Bumil Resti, dan jumlah semua Bulin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi sangat mengapresiasi adanya aplikasi Klik Akun Bumil ini. Ia mengatakan aplikasi ini yang pertama di Kabupaten Pinrang.

“Kita sangat mengapresiasi dengan hadirnya aplikasi ini. Semoga Puskesmas lain bisa mencontoh,” ungkap Dyah.

Reporter: Fauzan Mahmud

Bagikan :