Menuju Zero Covid-19, Tapi Kadis Kesehatan Pinrang Galau Karena Ini

PINRANG, PIJARNEWS.COM –Kabupaten Pinrang mulai menuju zero kasus positif Covid-19, sebab dari lima yang dinyatakan positif, empat diantaranya dinyatakan sembuh.

Meski beberapa waktu yang lalu ada pasien positif baru dari kluster pasar Lakessi Parepare, namun itu dinilai masih dalam kondisi terkendali sehingga total positif enam orang, dua pasien itu kini masih dalam perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, Dr Dyah Puspita Dewi menjelaskan, Pinrang hari ini masih terkendali, sebab sejauh ini belum ada tambahan kluster baru dan penularan transmisi lokal.

“Kalau pun ada tambahan 1 kluster pasar Lakessi kan di Kota Parepare karena memang dari dulu menjual di sana, tracking-tracking yang kami lakukan juga belum ada kontak langsung yang rapid test-nya reaktif,” ungkap Dewi.

Namun di tengah kondisi yang menuju new normal life, kata Dewi, justru masyarakat mulai kendor dalam menerapkan protokol dari pemerintah terhadap penanganan Covid-19, dimana
banyak masyarakat Pinrang membandel tidak mengunakan masker saat keluar rumah serta jalan mulai ramai.

Dyah Puspita Dewi kecewa dengan sikap masyarakat yang mulai membandel dan tidak patuh terhadap protokol sesuai prosedur.

Itu terlihat dalam unggahan Dewi di akun Facebooknya. Ia menuliskan perasaan dilematisnya saat pulang dari kantor dan melihat masyarakat banyak berkeliaran dan tidak mengunakan Alat Pelindung Diri seperti masker.

“Ndak tau lagi mau bilang apa yah, sore ini setelah pulang dari kantor sepanjang jalan ramai lalu lalang masyarakat, ada pakai masker ada juga tidak dan seperti bukan lagi kondisi pandemi, sedih juga sih. Apakah harus terserah saja kalau begini ?????,” Tulis Dewi diakun FB-nya.

Kadis kesehatan
Ungkapan Kegalauan Kadis Kesehatan Pinrang

Setelah dikonfirmasi, ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kegalauan hatinya saja. Namun ia tetap komitmen berbuat sesuai tugas dan tanggungjawab jajaran kesehatan.

Dewi mengimbau agar masyarakat bisa melakukan apapun, namun harus mengacu pada protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker, tetap jaga jarak, tetap jaga imunitas tubuh, tetap berperilaku hidup bersih sehat tetap sering cuci tangan pakai sabun, tetap makan makanan bergizi sayur buah dan vitamin. Juga tetap beretika saat batuk di muka umum serta cukupkan istirahat.

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin

Editor : Muhammad Tohir

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News