Melalui Defensive Driving Training, PT Elnusa Petrofin Cegah Penyebaran TB-HIV

 

PAREPARE, PIJARNEWS.COM – PT Elnusa Petrofin yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina menggelar Defensive Driving Training (DDT) di Gedung Serba Guna Depot Pertamina, Kota Parepare, Senin, 13 Agustus 2018. Kegiatan ini bertujuan memberikan penyegaran kepada seluruh sopir mobil tangki agar menjaga kewaspadaan saat mengemudi di jalan raya.

Sebanyak 160 driver sopir mobil tangki akan mengikuti kegiatan tersebut. Namun beberapa diantaranya sedang bertugas, sehingga kegiatan tersebut akan berlanjut setiap hari Senin dalam empat tahap. Senin pekan ini diikuti sebanyak 40 peserta.

Muhammad Irsyam, Junior Supervisor Maintanance Planing Service Healty Sefety Security and Environtment (MPS dan HSSE) mengemukakan, disamping melaksanakan kegiatan DDT, para peserta juga melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Pada tahap pertama ini, kami sisipkan penyuluhan kesehatan untuk mencegah penyebaran TB-HIV di lingkungan kerja Pertamina khususnya di PT Elnusa Petrofin Parepare,” ungkapnya.

Penyuluhan kesehatan, dalam hal ini pemeriksaan TB-HIV dilakukan pihak Puskesmas Lakessi secara suka rela dengan memberikan kesempatan bagi seluruh peserta DDT untuk melakukan tes darah.

Haerul, Konselor HIV Puskesmas Lakessi menjelaskan, bahwa Driver atau sopi mobil ta,ngki dari segi skill semua hebat mengendarai mobil, namun jika kesehatan terganggu akan sangat berpengaruh pada aktivitas mereka,

“Pada umumnya penyakit HIV akibat hubungan seksual. Untuk itu dalam pencegahannya jangan melakukan hubungan badan sebelum ada ikatan, bagi yang sudah berkeluarga agar setia kepada istri satu saja jangan mencari di tempat lain, bagi yang sudah menderita sebaiknya menggunakan pengaman, jangan mengkonsumsi obat-obatan dan terakhir edukasi kepada orang awam,” jelasnya.

Lebih lanjut Haerul mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan nantinya dari segi kesehatan khusus untuk TB-HIV semoga tidak ada yang positif.

Haerul menyebutkan, hingga Juli 2018, penderita HIV di Parepare sudah mencapai 376 orang.

Selain melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Lakessi, Pertamina juga menggandeng Aisiyah Care TB-HIV. Salah seorang penyuluh Aisiyah Care, Naomi mengapresiasi Pimpinan Depot Pertamina yang telah memberi ruang sehingga sosialisasi bahaya TB-HIV ini bisa terlaksana.

“Semoga Pertamina konsisten membantu kegiatan sosial, utamanya pencegahan dan pemberantasan TB-HIV,” kata Naomi yang diaminkan rekannya Wilda. (*)

Reporter : Hamdan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda