Megawati Batal Hadir, Kepala LIPI Dijadwalkan Resmikan Kebun Raya Jompie

  • Ket: Kebun Raya Jompie (foto: Tim PTT Kebun Raya Jompie/handover)

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Tidak lama lagi, kawasan Hutan Jompie akan resmi berubah nama menjadi Kebun Raya Jompie. Objek wisata hutan kota itu, terletak di Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.



Rencana awal kedatangan Presiden ke-5 RI Ibu Megawati Soekarno Putri dipastikan batal. Megawati dalam posisinya sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia sebelumnya dijadwalkan meresmikan Kebun Raya Jompie. Informasi yang dihimpun, Kepala LIPI Prof Bambang Subiyanto yang akan meresmikan.

“Ada kendala kesiapan daerah sebagai tuan rumah. Tetapi kabarnya beberapa menteri akan hadir, diantaranya Menteri Pekerja Umum atau Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ketua LIPI serta Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo,” jelas tim PTT Kebun Raya Jompie, Syahrani Said.

Tim PTT Kebun Raya Jompie dan PTT Kebun Raya Bogor kini sedang melakukan persiapan launching berupa penataan taman dan pembersihan. Beberapa kegiatan saat launching nanti rencananya akan ada penanaman pohon, seminar dan talkshow.

* Hadir Berkat LIPI dan Kementerian PU

Kebun raya ini memiliki luas lahan sekira 13,5 Hektare. Letaknya sangat strategis, karena hanya ditempuh 15 menit dari pusat kota. Kebun Raya Jompie hadir berkat kerjasama LIPI dan Kementerian Pekerjaan Umum. Kedua instansi pusat itu butuh waktu sekira lima tahun, untuk membenahi hutan itu.

“LIPI Kebun Raya Bogor sendiri berperan mendampingi dalam hal teknis pelaksanaan dan manajemen kebun raya,” jelasnya.

Selama tiga tahun, LIPI Kebun Raya Bogor menempatkan tim PTT serta tim detasering yang bertujuan untuk membantu penataan Kebun Raya Jompie. Semntara Kementerian Pekerjaan Umum sendiri, punya peran dalam pembangunan infrastruktur Kebun Raya Jompie, mulai dari penyusunan DED hingga pelaksanaan proyek pengerjaan.

“Selama dua tahun pembangunan infrastruktur dan juga penataan taman, akhirnya bisa dilounching 28 November ini,” tutupnya. (ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda