Matan Bakal Gelar Suluk I Angkatan Pertama di Aula Kemenag Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM – Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (PC-MATAN) Kota Parepare akan menggelar Suluk MATAN I Angkatan Pertama di aula Kantor Kementerian Agama Parepare pada 22 sampai dengan 24 Maret 2019 mendatang.

Dilansir dari NU Online, MATAN merupakan organisasi mahasiswa bentukan jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN). Organisasi ini diprakarsai  oleh Habib Luthfi bin Yahya, pada waktu Muktamar XI JATMAN di Malang, Jawa Timur, pada 13 Januari 2012 lalu.

MATAN dibentuk sebagai payung organisasi kemahasiswaan yang bertujuan menyebarkan nilai-nilai toleransi, akhlaqul karimah, dan etika Islam yang tercermin dari jam’iyyah thariqah. Organisasi ini juga berusaha menjadi kelompok moderat di tengah pertentangan ideologi pada organisasi-organisasi mahasiswa di tiap kampus.

Asri Zainuddin ketua panitia Suluk MATAN I mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan memasyarakatkan thariqoh dan menthariqohtkan masyarakat menuju insan kamil yang sempurnah sesuai dengan tema yang di angkat.

“Kegiatan ini tidak hanya berlaku di kalangan mahasiswa saja namun juga masyarakat umum, untuk mengenal dan memahami ilmu tasawuf, sehingga tasawuf atau thoriqah tidak lagi menjadi hantu yang menyeramkan bagi masyarakat dan di anggap sesat,” ungkap Asri Minggu 10 Maret 2019

Ia berharap agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk membumbumingkan thoroqah kuhususnya kepada masyarakat Kota Parepare. Pendaftaran dimulai pada 11-16 Maret 2018.

Sementara Adri Aladin Ketua Pengurus Cabang MATAN Parepare menjelaskan, MATAN ini digelar sebagai wadah silaturahim antar sesama pelaku thoriqah.

”Selain itu kegiatan ini, sebagai wadah untuk membuka wawasan kepada masyarakat pada umumnya dalam menentukan sikap dalam beribadah. Semoga dengan hadirnya MATAN di Kota Parepare dapat memberikan manfaat secara intelektual maupun spritual bagi masyarakat,”jelasnya. (hmd/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda