Mapala Salawat UM Parepare Bakal Gelar Diksar di Goa Kelelawar

Mapala
Mapala UM Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Salawat Universitas Muhammmadiyah (UM) Parepare menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) Angkatan XXI tahun 2020.

Diksar tersebut merupakan ajang penerimaan anggota baru UKM Mapala Salawat yang menyasar mahasiswa semester 1-4 di UM Parepare.

Lembaga yang ber-Nawa Cita dibidang Pelestarian, Petualangan Lingkungan dan alam tersebut membuka pendaftaran mulai 09-31 Maret 2020

Ketua UKM Mapala Salawat UM Parepare, Rahmannu menyebutkan bahwa Diksar itu akan membimbing peserta baru dari segi keilmuan tentang Lingkungan dan Pelatihan dalam Bidang Gunung Hutan, Tebing, Susur Goa, dan bidang lainnya SAR (Search and Rescue) serta Advokasi Lingkungan.

Setelah masa pendaftaran berakhir peserta akan mengikuti tes kesehatan, fisik, dan psikomotorik kepada calon peserta. Ini diperlukan untuk menentukan kelayakan, apakah masuk ketahap selanjutnya yaitu Indoor atau dengan kata lain Pelatihan Dalam.

Setelah Pelatihan Dalam yang dilaksanakan beberapa hari, dilanjutkan dengan Outdoor (Pelatihan Alam Terbuka) rencana digelar di Pegunungan Nepo, Goa di Kecamatan Bacukiki yakni Goa Kelelawar (Tompang’e).

“Gelaran penerimaan anggota baru ini setiap tahun kami selenggarakan guna menarik potensi minat dan bakat mahasiswa dalam hal pelestarian dan petualangan alam dan lingkungan,” ungkap Rahmannu.

Ia menyatakan bahwa persoalan tentang lingkungan ini semakin hari semakin memprihatinkan.

“Apalagi dengan kurangnya kesadaran tentang menjaga alam dan lingkungan. Maka dari itu, kami mengangkat tema Pendidikan Dasar (Diksar), “Menjadikan Mapala Sebagai Wadah Karakter”

Tema ini merujuk terhadap persoalan karakter anak bangsa yang kurang memperhatikan kepedulian Lingkungan.

Menggerakkan dan Melestarikan alam dan lingkungan bersama Mapala Salawat adalah salah satu wujud mendekatkan diri dengan Pelestarian Lingkungan dan petualangan alam terbuka.(*)

Reporter : Mulyadi Ma’ruf

Editor : Alfiansyah Anwar 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News