Mantan Kabid Damkar Sidrap Padamkan Api di Pinrang

Mantan Kabid Damkar Sidrap Padamkan Api di Pinrang

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Lama menahkodai Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) di Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sidrap, tampaknya telah membentuk jiwa kepedulian bagi Jemmi Harun.

Hal itu dibuktikan saat Jemmi yang pada pertengahan Desember lalu di mutasi dari Damkar menjadi Sekcam Pitu Riase berkunjung ke Kabupaten Pinrang, Rabu (23/1/2019) sore kemarin. Jemmi berkunjung ke rumah temannya, Hamka.

Saat berkunjung itulah api tiba-tiba melalap satu unit rumah milik H Arsyad yang tidak jauh dari kediaman temannya sekitar pukul 19.30 wita. Jemmi spontan berlari ke lokasi kejadian dan terlibat melakukan Pemadaman bersama warga lainnya.

Dengan pengalaman pribadinya sebagai mantan Kabid Damkar Jemmi mampu memadamkan api sebelum pemadam kebakaran tiba. Saat proses Pemadaman, Jemmi langsung menelpon Kabid Damkar setempat sambil terus berusaha melakukan Pemadaman.

Sambil menunggu mobil pemadam, atas komando Jemmi, warga setempat melemparkan pasir ke arah api, menyusul Jemmi menerobos api dengan handuk basah di tangan. Hasilnya api bisa langsung padam sebelum pemadam tiba.

“Saya sempat menelpon teman saya yang juga petugas pemadam kebakaran disini. Dan mereka tiba 5 menit setelah di telpon. Kita syukur karena api sudah padam sebelum pemadam tiba, sehingga api tidak meluas ke rumah lainnya,” ungkap Jemmi.

Akibat kebakaran tersebut, pemilik rumah H Arsyad menderita luka lebam di kaki sampai lutut akibat kena percikan api.

Warga setempat Hamka Lasse yang ikut mendampingi Jemmi melakukan pemadaman mengaku sangat bersyukur saat kejadian Jemmi ada di lokasi. “Yang kita syukuri karena pak Jemmi tau cara melakukan pemadaman dengan cepat. Tidak bisa saya bayangkan seandainya tidak cepat padam mungkin bisa menyebar ke rumah tetangga yang rata-rata rumah kayu,” jelas Hamka.

Di sekitar rumah korban kebakaran memang merupakan perumahan padat penduduk dan rata-rata rumah panggung. Beruntung juga rumah H Arsyad yang jadi korban kebakaran adalah rumah batu sehingga api tidak cepat menyebar ke rumah disebelahnya.

Sumber api berasal dari kebocoran gas yang langsung meluap. Belum diketahui jumlah kerugian yang diderita korban akibat kejadian ini. Namun sejumlah perabot rumah tangga korban hangus terbakar. (hmz/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda