MAN 1 Parepare Budidaya Tanaman Hidroponik, Ini Manfaatnya

hidro
Syaiful Mahsan, Kepala MAN 1 Parepare berfoto dibelakang tanaman hidroponik. --hamdan/pijarnews--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Pada umumnya taman atau halaman sekolah ditanami dengan tanaman bunga. Hal tersebut bertujuan agar kelihatan indah dan tetap segar.

Namun berbeda dengan sekolah yang satu ini. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare, menjadikan lahan sekolah sebagai tempat pertanian modern atau pertanian ala perkotaan.

Kepala Sekolah MAN 1 Parepare, Syaiful Mahsan mengatakan, pertanian modern tersebut berupaya mengembangkan pembelajaran. Baik di dalam maupun di luar kelas. Tanaman hidroponik ini merupakan salah satu pengembangan pembelajaran di luar kelas.

“Tanaman hidroponik ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan.  Ada bantuan dua meja yang terdiri dari seribu lubang,” kata Syaiful.

Lanjut Syaiful mengatakan pihaknya memulai penanaman pertama pada 1 Januari 2020 dan sudah melakukan pembudidayaan satu periode selama 35 hari.

“Kami sudah melakukan penanaman satu periode, alhamdulillah sudah berhasil dengan baik. Sekarang kami tengah melakukan sesi kedua dari penanaman hidroponik ini. Semoga pembibitan ini bisa berhasil dan bisa kita panen untuk kedua kalinya,” harap Syaiful.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Parepare itu menyampaikan manfaat tanaman tersebut di sekolah sangat tinggi. Selain jadi pelajaran bagi siswa juga sebagai edukasi untuk masyarakat Parepare. Karena pertanian tersebut merupakan salah satu alternatif model pertanian kota.

Kata Syaiful, dari pertanian tersebut Ia dapatkan jenis holtikultura, yaitu selada dan sawi pacau. “Hasil penanaman ini betul-betul tidak menggunakan zat kimia, jadi sehat untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Pada sesi pertama, semuanya diolah dalam bentuk makanan dengan menggunakan selada dan sawi pacau.

“Kami olah menjadi burger, kebab, bakso dan beberapa jenis makanan lainya,” tuturnya.

Ia berharap program hidroponik tersebut bisa berkelanjutan sebagai model pembelajaran untuk anak-anak agar menjadi skil tersendiri untuk mereka. Terutama mereka yang dari perkotaan.

“Ini adalah salah satu skil yang sangat penting dan berguna untuk mereka manfaatkan pada kehidupan di perkotaan,” pungkasnya.

Kenapa hidroponik sebagai salah satu model yang bagus untuk tanaman perkotaan?

Menurut Syaiful, tanaman tersebut tidak membutuhkan banyak tempat ataupun lahan, bahkan tidak menggunakan tanah, tapi hanya menggunakan air dan konsentrasi pupuk. (*)

Reporter : Hamdan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News