Mahasiswa UM Parepare Pilih Kuliah di Daerah, Ini Alasannya

Suasana belajar di salah satu ruang kelas Fakultas Hukum UM Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Kuliah di luar daerah atau di kota metropolitan bahkan hingga ke luar negeri, menjadi impian bagi sebagian putra daerah. Sehingga tiap tahun, tidak sedikit pelajar berbondong-bondong mendaftarkan diri ke universitas idaman dan menjadi anak rantau.

Namun ternyata, tidak semua pelajar tertarik kuliah di luar daerah. Sebagian pelajar memilih melanjutkan studinya di perguruan tinggi terdekat dan terjangkau di daerah sendiri.

Misalnya pelajar di wilayah Ajatappareng ada yang lebih memilih melanjutkan studi di beberapa daerah terdekat yang punya perguruan tinggi. Salah satunya Universitas Muhammadiyah Parepare, jadi pilihan mahasiswa demi menunjang pencapaian cita-citanya.

Dari wawancara pijarnews.com kepada sejumlah mahasiswa UM Parepare, sebagian beralasan karena tidak mau jauh-jauh dengan keluarga. Ada juga yang beralasan karena biaya dan juga karena tidak diterima di perguruan tinggi negeri.

Namun ada yang bijak menjawab bahwa kuliah dimana saja bergantung usaha dan kesungguhan.

“Dimana pun kampusnya yang penting kita bersungguh-sungguh,” ungkap Madinah, salah seorang mahasiswi Fakultas Hukum (FH) UM Parepare, Rabu (30/10/2019).

Senada disampaikan Muhadir, salah satu mahasiswa FH UM Parepare menilai semua kampus sama yang terpenting adalah kemauan untuk belajar.

Hal tersebut senada apa yang pernah disampaikan salah satu tokoh pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara. “Bahwa jadikan semua tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru,” tutur Muhadir menirukan pesan tokoh pendidikan tersebut. (*)

Reporter: Sucipto Al-Muhaimin
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda