Macet Jalan Ahmad Yani, Dishub : Infrastruktur Harus Diperbaiki

Salah satu suasana kemacetan di jalan raya. --int--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare melalui Kabid Lalulintas dan Angkutan Darat, Syarifuddin mengatakan, untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Ahmad Yani, pemerintah harus segera memperbaiki infrastruktur.

Ia menjelaskan, pokok permasalahan yang menyebabkan kemacetan di Ahmad Yani lantaran tidak berimbangnya antara lebar jalan dengan volume kendaraan yang melintas.

“Permasalahan yang paling mendasar adalah infrastrukturnya. Pemerintah harus segera mengantisipasi itu,” jelas Syarifuddin saat dikonfirmasi PIJARNEWS via telepon, Selasa (12/11/2019) lalu.

Ia juga mengatakan, pemerintah juga harus segera mencari jalan alternatif. Sebab kendaraan yang melintas tidak hanya dari Kota Parepare saja, namun juga kendaraan dari daerah lain.

Selain itu, kata Syarifuddin, solusi rekayasa lalulintas pun tidak terlalu bisa diandalkan. Sebab, jalan alternatif yang disediakan di jalan lingkar, tidak semua kendaraan bisa melewatinya.

“Utamanya pada truk yang bermuatan di atas 8 ton, tidak mau lewat jalan lingkar karena tanjakan di dekat Perumahan Lapadde Mas itu sangat curam,” tambahnya.

Untuk itu, ia sangat berharap kepada dinas terkait agar segera melakukan perbaikan infrastruktur. Sebab, jika tidak segera dilakukan perbaikan jalan, maka masalah kemacetan itu tidak bisa diselesaikan.

“Kami di Perhubungan itu, menjalankan fungsi manajemen tentang bagaimana mengatur kondisi lalulintas dengan mengandalkan rambu-rambu atau trafic light. Tapi kalau itu yang diharapkan dengan kondisi seperti ini (infrastruktur belum bagus, red), semakin ke depan akan semakin macet,” tutupnya. (*)

Reporter : Mulyadi Maruf

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda