Luar Biasa, Pemilihan Ketua RT/RW di Parepare ala Pemilu

Abu ubaedah2
Abu Ubaedah, saat melakukan konsultasi desain surat suara Pemilihan RT/RW di KPU Kota Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Tidak seperti biasanya, Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kota Parepare kali ini, bakal menerapkan pemilihan serentak ala Pemilihan Umum (Pemilu). Seperti yang dipaparkan oleh Panitia Pemilihan Ketua RT/RW di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Abu Ubaedah. Pemilihan itu akan dilaksanakan pada, Ahad (26/01/2020) mendatang.

Abu menjelaskan pada proses pemilihan Ketua RT dan RW kali ini, mengadopsi tahapan Pemilu. Dibuktikan dengan adanya jadwal tahapan pelaksanaan pemilihan hingga berakhirnya masa tahapan. Bahkan, kata Abu, panitia pemilihan di kelurahan hingga panitia di TPS juga dilakukan perekrutan.

“Semua di SK-kan oleh kelurahan. Memang sangat mirip dengan proses tahapan Pemilu,” jelas Abu, saat ditemui di Kantor KPU Kota Parepare melakukan konsultasi, Jumat (24/01/2020).

Untuk tahapannya, lanjut Abu, ada 8 jenjang yang mesti dilalui para calon. Yakni, Pendaftaran dan pemeriksaan atau penelitian berkas, perbaikan dan pemenuhan kelengkapan berkas, penetapan bakal calon hingga masa sanggah bakal calon.

Kemudian, penetapan calon dan pengundian nomor urut, pengumuman dan sosialisasi calon dan minggu tenang persiapan pemungutan suara. Saat ini, terang Abu, kadidat Ketua RT dan RW memasuki tahapan pengumuman dan masa kampanye atau sosialisasi calon.

” Besok, (Sabtu) itu, memasuki tahap minggu tenang,” urainya.

Namun, kata Abu, jika pada Pemilu setiap warga memiliki hak suara untuk memilih, pada pemilihan ketua RT dan RW ini, hanya memberikan satu suara untuk satu Kartu Keluarga.

Kelengkapan pemilihan di TPS seperti bilik, kotak suara hingga surat suara juga sudah dipersiapkan dengan matang. KPU kota Parepare memfasilitasi kelengkapan itu. Bahkan, kata Abu, surat undangan memilih seperti layaknya C6 sudah terbagi ke masyarakat di Kelurahan Labukkang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain sangat mengapresiasi kesiapan panitia pemilihan selama masa tahapan. Ia mengatakan, KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, semaksimal mungkin memberikan pendampingan demokrasi kepada panitia.

“Kami juga sudah bentuk tim khusus untuk menerima panitia jika ada yang datang untuk konsultasi. Ini sebagai bentuk keseriusan kami memberikan pendampingan. kami apresiasi karena pemilihan ini akan mengedukasi masyarakat,” tuturnya.

KPU Parepare juga telah menerima kunjungan Kabag Pemerintahan Setdako Parepare. Dalam Kunjungan, lanjut Hasruddin, membahas tentang penjaringan, pemilihan sampai penetapan.

“KPU juga sangat mengapresiasi muatan perwali tentang pedoman pelaksanaan rukun tetangga dan rukun warga yang mendorong iklim demokrasi lebih baik di Parepare seperti calon non Partai dan pelaksanaan secara serentak,” imbuhnya.(*)

Reporter : Mulyadi Ma’ruf
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News