LPPLH Lepas Anak Penyu Sisik di Pantai Lowita Pinrang

LPPLH lepas Anak Penyu Sisik di Pantai Lowita Pinrang
Pelepasan anak penyu atau tukik jenis sisik yang hampir punah di pantai Lowita Pinrang

PINRANG, PIJARNEWS.COM Lingkar Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (LPPLH), menggelar pelepasan anak penyu atau tukik di Pantai Lowita, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Rabu (02/9/2020).

Ketua LPPLH Andi Abbas menjelaskan pelepasan tukik itu menjadi ajang sosialisasi konservasi penyu dan pengembangan wisata pesisir pantai kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan ekowisata pesisir pantai, khususnya di Pantai Lowita,” jelas Abbas.

 

 

Dia mengatakan, konservasi penyu dan pelepasan tukik itu bisa dijadikan salah satu agenda tahunan promosi pariwisata di Kabupaten Pinrang.

Yang lebih penting dari itu, kata dia, tukik yang dilepas adalah salah satu jenis yang hampir punah. Yakni jenis penyu sisik.

“Jenis penyu ini sudah hampir punah dan perlu diletarikan. Sudah jarang dijumpai bertelur di sepanjang pesisir Pantai Lowita,” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pinrang H Aswadi Haruna hadir membuka kegiatan itu. Mewakili Bupati Pinrang, ia mengatakan jika Pemkab sangat mendukung kegiatan yang dilakukan LPPLH itu.

“Pemkab Pinrang sangat mendukung kegiatan LPPLH ijni. Kegiatan ini bisa mengedukasi semua elemen masyarakat akan pentingnya menjaga kelangsungan hidup penyu,” ungkapnya

Saat ini, lanjut Aswadi, Pemkab Pinrang gencar melakukan upaya-upaya pengembangan wisata pantai yang bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

“Ini tentunya akan berdampak pada peningkatan ekowisata di Kabupaten Pinrang salah satunya Pantai Lowita yang berada di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu bekerjasama dengan Pemkab Pinrang dan Pertamina Fuel Terminal Pare-Pare serta Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Juga, TBBM Pertamina Parepare, Unsur Akdemisi, Pemerhati Lingkungan, Grab Pinrang, TNI Angkatan Laut, Babinsa serta aparat desa setempat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Kelautan dan Perikanan Pemkab Pinrang, BPSPL Makassar, Kadis Pariwisata Pemkab Pinrang, Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Pinrang, BKSDA.(rls)

Editor : Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News