Langganan Banjir Tiap Tahun, Lurah Buntusu dan Tamalanrea Lakukan Ini

Banjir

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM – Bumi Tamalanrea Permai (BTP) menjadi salah satu daerah langganan banjir tiap tahunnya. Lurah Buntusu maupun Tamalanrea telah mengantisipasi jauh hari untuk menghindari banjir.

Lurah Buntusu H Sani mengatakan di daerahnya belum ada rumah yang tergenang. Hanya saja, air hanya bertahan di jalanan saja.

“Belum ada rumah yang tergenang, masih aman, hanya di blok AA terdampak kiriman air dari kelurahan Berua dimana tempatnya rendah, tapi kalau hujan sudah redah air juga surut tidak sampai tergenang lama karena saluran drainasenya yang baik,” katanya melalui via telepon, Senin (21/12/2020) kemarin.

Kendati demikian, H Sani telah menyampaikan kepada seluruh RT dan RW yang ada di kelurahan Buntusu untuk tetap memperhatikan dan membersihkan drainase.

“Alhamdulillah setiap RT dan RW sudah dibersihkan drainasenya oleh satgas PU kota Makassar maupun satgas drainase kelurahan. Itu dikerjakan jauh-jauh hari, jadi tinggal sebagian kecil drainase yang belum tersentuh,” bebernya.

H Sani mengungkapkan sebagian warga yang ada di Blok AA telah mengungsi.

”Ada 10 Kepala Keluarga di blok AA yang telah mengungsi, dan mereka telah ada di posko pengungsian, yaitu masjid terdekat. Berikutnya yang prioritas sekali yang pinggiran kali dan perbatasan wilayah seperti blok H Baru, RW 4, RW 5, RW 6, RW 13 dan RW 14,” tuturnya.

Sementara itu Lurah Tamalanrea Aminuddin mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini belum meminta bantuan ke Dinas Pekerja Umum (PU) kota Makassar dalam hal membantu mengevakuasi korban banjir di daerahnya.

“Kalau kami masih sanggup dalam melayani masyarakat, tidak perlu untuk meminta bantuan dari PU kota Makassar. Karena masih banyak daerah di Makassar yang lebih parah dari daerah kami,” ujarnya via telepon, Selasa (22/12/2020).

Aminuddin juga telah menyiapkan posko pengungsian bagi warganya yang terdampak banjir.

“Saya telah berkoordinasi dengan pihak masjid Al-Muamalah di blok L agar masjid tersebut bisa dijadikan posko pengungsian. Jadi bagi warga yang ingin melapor kami akan sangat menerima dan segera akan mengerjakan secepatnya,” pungkasnya.

Reporter : R.M. Gilang Ramadhan

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News