KPM IAIN Parepare Posko Sereang Kembangkan Apotek Hidup

SIDRAP, PIJARNEWS.COM — Banyak tanaman yang bermanfaat untuk penyembuhan dan pengobatan. Hal tersebut kemudian dikembangkan Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare di Desa Sereang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap. Mahasiswa ini mengadakan apotek hidup untuk menambah wawasan serta informasi tumbuhan berkhasiat obat kepada warga.

Apotek hidup merupakan salah satu program kerja mereka. Hal ini bertujuan agar warga dapat memanfaatkan sebagian tanah pekarangan rumah maupun perkebunan untuk menjaga dan merawat kesehatan dengan mengonsumsi obat-obatan herbal dari apotek hidup.

Ahmad Ihsan, Koordinator Desa Sereang mengatakan, banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

“Obat herbal lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat kimia buatan pabrik. Selain itu juga terbilang murah dan bahkan gratis dibanding obat-obatan kemasan. Efek samping dari obat herbal juga alami,” ungkap Ihsan yang juga Ketua Umum PORMA IAIN Parepare ini.

Ada berbagai jenis tumbuhan herbal yang ditawarkan untuk ditanam pada apotek hidup itu, diantaranya serai merah, jahe merah, kumis kucing, klorofil, daun binahong, kunyit dan panini.

Selain itu, Ihsan juga mengatakan, program apotek sehat yang dijalankan sangat didukung oleh masyarakat Desa Sereang. Ia juga berharap agar seluruh masyarakat dapat mengkonsumsi obat herbal dengan mengadakan apotek hidup di pekarangan.

“Sangat bermanfaat bila di dalam pekarangan tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit,” tambah Ihsan, 31 Agustus 2018.

HM Saleng Mandong, Kepala Dusun III Pakenya mengapresiasi program kerja KPM IAIN Parepare mengenai apotek hidup tersebut.

“Ini sangat bagus karena tumbuhan obat seperti daun-daun ini sangat bermanfaat dan tidak kalah dari obat kimia hasil pabrikan. Khasiatnya juga bagus,” ungkap Saleng dalam bahasa dan logat bugis.

Saleng Mandong berharap, semoga obat-obatan herbal ini dapat membantu masyakat Desa Sereang, khususnya di Dusun Pakenya.

“Mudah-mudahan masyarakat Sereang bisa mengadakan apotek hidup di rumah masing-masing melalui bibit tanaman herbal yang ada di apotek hidup mahasiswa KPM IAIN Parepare,” harap Saleng.

Reporter : Hamdan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda