Komunitas Kejar Mimpi Edukasi Anak Panti Asuhan Tetap Kreatif di Masa Pandemi

 

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Dalam rangka merayakan Hari Komunitas Nasional, Komunitas Kejar Mimpi menggelar kegiatan community volunteering yang berkolaborasi dengan 29 komunitas Kejar Mimpi di seluruh Indonesia, termasuk Kejar Mimpi Makassar. Kegiatan ini berlangsung di Panti Asuhan Mattampawalie, Jalan Datuk Ditiro No.5 Kota Makassar, Minggu (27/9/2020).

A.Tiara Divia Ahmadi, Public Relations Kejar Mimpi Makassar mengatakan, kegiatan ini mengajak anak-anak untuk lebih kreatif dan aktif selama pandemi, juga mendorong anak-anak panti asuhan melakukan perubahan-perubahan kecil yang dimulai dari diri sendiri, kemudian bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal sama.

“Kegiatan yang diadakan melalui daring atau online ini terdiri dari beberapa item kreatif dan bersifat edukatif, anak-anak yang berada di panti juga tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya lewat rilisnya.

Ada beberapa item acara dalam kegiatan volunteering ini, sosialisasi mengenai COVID-19, dimana anak-anak panti asuhan akan diajarkan bagaimana mencuci tangan yang benar.

Lalu ada kegiatan mewarnai, dalam kegiatan ini anak-anak panti asuhan diminta untuk memilih satu gambar profesi yang mereka cita-citakan untuk diwarnai. Lalu ada Kelas Inggris, dan Literasi Finansial dengan tujuan untuk mengedukasi anak-anak panti asuhan agar lebih kreatif dan dapat berpikir ke depan.

Selanjutnya yaitu Story Telling, item acara ini anak-anak diminta untuk menjelaskan makna tersirat dari cerita yang diceritakan oleh relawan. Teakhir, ada Pohon Mimpi. Seluruh anak diminta untuk menuliskan mimpi mereka pada sticky note dan ditempelkan pada pohon mimpi tersebut, dimana hal ini bertujuan untuk menumbuhkan keberanian anak-anak untuk menuliskan mimpinya.

Kegiatan ini dilakukan dengan penuh kesadaran akan pentingnya social distancing dalam pencegahan penyebaran COVID-19, maka dari itu, team Kejar Mimpi Makassar yang ditugaskan untuk membantu persiapan online di panti asuhan dibatasi dan wajib melakukan rapid test sebelum bertugas.

Kejar Mimpi Online Fest (KMOF) adalah sebuah wadah edukasi online anak muda yang bertujuan untuk memberikan inspirasi positif dalam membawa semangat perubahan bagi keberlangsungan Indonesia yang lebih maju.

Selain community volunteering, Kejar Mimpi Online Fest ini juga terdiri dari community online gathering, webinar mentor inspiratif yang dilaksanakan sejak 24 hingga 27 September 2020. (rls/dmh)

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News