Khatam Alquran Lewat Handphone dengan Aplikasi Nusantara Mengaji

JAKARTA, PIJARNEWS.COM – Selama bulan Ramadan umat muslim memang dianjurkan meningkatkan kualitas ibadahnya. Tidak hanya menjalankan saum, tapi juga ibadah lainnya, seperti salat sunat dan juga membaca alquran.

Pada momentum ramadan tahun ini, Gerakan Nusantara Mengaji meluncurkan aplikasi Nusantara Mengaji untuk smartphone android. Aplikasi ini sangat bisa membantu umat muslim yang tetap ingin membaca alquran kendati sedang menghadapi agenda pekerjaan yang begitu padat. Aplikasi ini dirancang khusus untuk melakukan Khataman Alquran secara bersama-sama.

Ketua Majlis Harian Nusantara Mengaji, Aly Taufiq mengatakan, aplikasi ini adalah satu-satunya aplikasi yang menfasilitasi Khataman Alquran di Indonesia bahkan di dunia. “Saya belum pernah menemukan aplikasi yang secara khusus mengorganisir user untuk mengkhatamkan Alquran secara bersama-sama,” kata Aly Taufiq, dilansir Jawapos, Minggu (28/5)

Dia menjelaskan, aplikasi ini dilengkapi dengan menu “Agenda Khataman” yang bisa diakses oleh user. Setiap User bebas memilih juz yang ingin dibaca setiap pekannya. Selain khataman, sambungnya, aplikasi ini juga menyediakan Alquran digital disertai terjemahan 49 bahasa di dunia serta dapat mendengarkan murattal yang dibacakan oleh 27 imam dan qari terkemuka dunia.

Untuk memudahkan mengaji, imbuh dia, aplikasi bisa menandai ayat yang terakhir dibaca serta menandai ayat yang akan dibaca setiap hari. Misalnya satu hari satu halaman, dua halaman atau setiap hari satu juz, tergantung pengaturan target bacaan.

Di sisi lain, Aplikasi ini juga menyediakan artikel keagamaan di antaranya fikih kontemporer, mutiara Alquran, struktur Alquran, dan berita-berita terkini Nusantara Mengaji.

Menurut Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, kehadiran aplikasi ini sebagai upaya Nusantara Mengaji mengajak masyarakat mencintai Alquran dan kembali memasyarakatkan bacaan Alquran. “Meskipun Indonesia sebagai negara terbesar berpenduduk Muslim, tapi lebihdari separuh Muslim Indonesia masih buta aksara Alquran,” tandas dia. (ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News