Ketua PMI Kawal Penanganan Korban Bencana di Lutim

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel Ichsan Yasin Limpo terus mengawal proses evakuasi korban bencana longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Jumat 12/05.

Setelah mengintruksikan langsung menurunkan relawan PMI di lokasi bencana, koordinasi dengan pemerintah setempat juga terus diintensifkan. Bahkan hingga petang tadi, sejumlah warga sudah dievakuasi ke balai desa.

“Pak Ketua (IYL) dari tadi pagi, beliau sudah memberikan arahan untuk melakukan penanganan korban bencana. Evakuasi dan langkah penanganan juga sudah terus kita lakukan,” kata Sekretaris PMI Sulsel, Luthfi Qodir.

Luthfi menambahkan, pasca-bencana yang menewaskan tujuh orang, pihaknya bersama Dinas Sosial Lutim, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana setempat sudah membuat dapur umum untuk warga yang bermukim di lokasi bencana.

“Selain penanganan korban jiwa dan luka-luka, penduduk yang berada di lokasi bencana, kita evakuasi ke Balai Desa, sekaligus membuka dapur umum. Ketua PMI Lutim (Thoriq Husler) yang juga Bupati Lutim, sudah berada di lokasi,” tambah dia.

Tak hanya itu, PMI sudah berkoordinasi dengan PMI Pusat mengenai bantuan yang akan disalurkan dari gudang PMI yang berada di Makassar. “Kita terus mengawal, sambil tim melakukan assesment di lokasi,” pungkasnya. (rls/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News