Kelompok Swadaya Masyarakat Ikut Pelatihan Penyediaan Sarana Air Limbah

 

SIDRAP, PIJARNEWS.COM–Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidrap melaksanakan pelatihan Penyediaan Prasarana dan Sarana Air Limbah DAK Tahun Anggaran 2019, Jumat, 12 Juli 2019.

Pelatihan melibatkan para Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Kabupaten Sidrap yang mengelola program dana APBN tersebut.

Panitia menghadirkan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada pelatihan di Aula SKPD Sidrap itu. Materi utama adalah penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) atau semacam RAB kegiatan.

Muhammad Ridwan Kaharuddin, panitia menjelaskan, pelatihan ditujukan untuk meningkatkan SDM dan menyamakan persepsi KSM dalam mengelola kegiatan.

“Kita ingin KSM memiliki pemahaman yang sama terhadap pedoman pelaksanaan setiap tahapan,” kata Kabid Permukiman Dinas KPPLH Sidrap itu.

Ia mengungkap, mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga pelaporan dikerjakan KSM sendiri.

“Karenanya diharapkan setelah pelatihan KSM tidak lagi keliru atau bingung saat pelaksanaan di lokasi masing-masing,” ujar Ridwan.

Ditambahkannya, kalaupun masih ada kendala bisa berkoordinasi dengan fasilitator dan tenaga pendamping masing-masing.(*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda