Kebun Raya Massenrempulu, Tempat Wisata dan Sarana Edukasi

Pintu gerbang kebun raya Massenrempulu Enrekang. (Foto; LIPI)
Pintu gerbang kebun raya Massenrempulu Enrekang. (Foto; LIPI)

PIJARNEWS, ENREKANG — Jika anda belum memiliki referensi, kemana anda menghabiskan masa liburan akhir pekan bersama keluarga, nah, salah satu tempat wisata yang patut masuk dalam daftar kunjungan anda adalah, Kebun Raya Massenrempulu. Lokasi wisata ini merupakan objek wisata andalan di Kabupaten Enrekang.

Selain menyajikan pemandangan indah nan sejuk, di Kebun Raya Massenrempulu ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak pelajar, pasalnya, di Kebun Raya Massenrempulu, terdapat 600 jenis tanaman yang tumbuh serta dibudidayakan di kebun ini, baik tanaman endemik dalam negeri maupun dari luar negeri, seperti jabon merah, palem, ketapang Malaysia, Kigelia Afrikana, dan lain-lainnya.Dengan demikian para pelajar dapat mengetahui jenis serta manfaat dan bagimana cara melestarikan alam.

Kebun Raya Mansenrepulu ini berada disebelah timur kawasan Garis Wallacea yang mencakup Philipina, Sulawesi, Maluku dan Kepulauan Sunda Kecil.Keberadaannya di kawasan Garis Wallacea itulah yang menjadikannya unik karena kawasan tersebut merupakan zona transisi antara wilayah-wilayah fauna Oriental (Asia) dengan Australasian, sehingga di kawasan ini dapat ditemui beragam jenis flora dan fauna yang berasal dari dua benua yang berbeda didalam satu kawasan.

Lokasi wisata Kebun Raya Massenrepulu ini terletak di Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatana Maiwa, atau 211 kilometer dari arah Makassar, dengan luas kebun 300 hektare, dan memiliki tujuh taman serta kolam untuk budidaya ikan air tawar seperti ikan bawel, maula, patin, nila, dan ikan emas.

Kebun Raya Massenrempulu ini buka pukul 08.00 wita sampai 17.00 wita, setiap hari, dengan tiket masuk Rp 5000 dewasa dan hanya Rp 3000 untuk pelajar.

“Di Kebun Raya Massenrepulu adalah tempat yang bagus untuk berwisata disini kita bisa berfoto selfie serta menikmati indahnya pemandangan dan udara yang sejuk,” kata pengunjung, Aulia, kepada pijarnews. (adv/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda