Kampung Bunga di Pinrang, Hobi Menanam Bunga Berbuah Manis

PINRANG, PIJARNEWS.COM–Kampung bunga, itulah kini julukan Desa Patobong, Kecamatan Mattirosompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Disebut kampung bunga karena tiap rumah warga dihiasi dengan berbagai macam jenis tanaman bunga.

Sejak dulu masyarakat Desa Patobong memang dikenal gemar mengoleksi bunga, itu terlihat di rumahnya masing-masing warga yang dipenuhi koleksi berbagai jenis tanaman bunga.

Kepala Desa Patobong, Muslimin Malli mengungkap, jika mayoritas warganya senang menanam dan membudidayakan berbagai jenis bunga.

“Sejak saya kecil dulu masyarakat disini sudah sangat banyak yang suka menanam bunga, hingga saat ini hobi itu secara turun temurun digemari masyarakat,” ungkap Muslimin.

Dari kegemaran mengoleksi dan menanam bunga itu akhirnya berbuah manis. Warga juga dapat meraup ke untungan, bunga yang mereka tanam memberikan peluang bisnis dengan menjualnya kepada masyarakat dari berbagai daerah.

Seperti Erni yang tinggal di Jalan Makori, Desa Patobong misalnya, koleksi bunganya kini mencapai puluhan hingga ratusan jenis, bunga-bunga koleksinya itu telah banyak dijual.

Erni mengaku penjualannya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per jenis bunga.

Adapun jenis tanaman bunga yang dijualnya seperti, tanaman kaktus, bunga jenis Algori dan lainnya.

“Tanaman bunga yang saya jual harganya ada ratusan ribu bahkan ada sampai jutaan,” ungkap Erni.

Warga lainya, Sittiara Selle yang ikut memanfaatkan peluang bisnis itu mengungkap, hasil penjualan bunganya bisa mencapai jutaan rupiah bahkan perbulan ditaksir bisa puluhan juta rupiah.

Sittiara mengaku bunga yang paling banyak diminati adalah jenis bunga aglo, anggrek dan kaktus.

“Yang paling banyak itu tanaman aglo, anggrek dan kaktus,” terangnya.

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News