Kades Lainungan Beberkan Manfaat CSR PLTB Sidrap

Andi Haruna, Kepala Desa Lainungan, Sidrap.
Andi Haruna, Kepala Desa Lainungan, Sidrap. --foto alfiansyah anwar--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kehadiran Perusahaan Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap membawa manfaat kepada sebagian masyarakat. Utamanya di sekitar lokasi 30 kincir angin penghasil listrik 75 megawatt tersebut.

Hal tersebut diungkap Kepala Desa (Kades) Lainungan, Andi Haruna kepada PIJARNEWS di Kantor Desa Lainungan, Senin 19 November 2018 lalu.

Menurut Haruna, perusahaan PT UPC Renewables yang membangun PLTB Sidrap telah menyalurkan bantuan Program Corporate Social Reponsibility (CSR) terhadap lingkungan di sekitar perusahaan.

Haruna mengatakan, bantuan dari PT UPC Sidrap Bayu Energi merupakan bentuk atau kewajiban perusahaan untuk membangun lingkungan sekitar dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Alhamdullilah, PT UPC PLTB Sidrap telah memberikan bantuan CSR kepada masyarakat. Seperti bedah rumah dan sumur bor untuk masyarakat. Selain itu, ada juga bantuan CSR untuk sarana pertanian seperti alat semprot dan pagar kawat besi untuk memberantas hama babi,” beber Haruna.

Dikutip dari laman resmi Pemprov Sulsel (sulselprov.go.id) menyebutkan, CSR PLTB Sidrap yang telah disalurkan ke masyarakat senilai Rp2  Miliar lebih. Bantuan CSR tersebut berupa  penyelesaian program renovasi rumah, program pojok pengetahuan, perbaikan jalan di Desa Lainungan, Pemasangan solar panel di SD-SMP satu atap 4 Lainungan di Dusun Pabbaresseng, Desa Mattirotasi.

Jenis program CSR lainnya berupa sanitasi dan air bersih, kesehatan, pendidikan, mata pencarian, donor dan sponsorship. jumlah totalnya mencapai Rp 2,1 miliar.

“CSR mencakup apa yang sangat dibutuhkan masyarakat sesuai dengan potensinya,” kata Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono saat melakukan kunjungan di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Sabtu (2/6/2018) lalu.

Direktur Operasional PLTB Sidrap, Aaron Pritchard menyebutkan mereka telah menjalankan program CSR. “Kami punya banyak program CSR yang telah dijalankan. Ini komitmen kami untuk masyarakat,” pungkasnya.

PLTB Sidrap ini didirikan dengan investasi berkisar Rp2 Triliun.

Selain memberikan CSR, Kepala Desa Lainungan Haruna, PLTB Sidrap juga direncanakan menjadi wahana destinasi wisata bagi masyarakat. Baik di Sidrap maupun dari luar Sidrap.

Menurut Haruna, sumber daya alam masyarakat Desa Lainungan umumnya bergerak di sektor perkebunan dan peternakan seperti kebun jagung, kemiri, dan jambu mente. Selain itu ada pula peternakan sapi.  “Kalau padi, hanya sawah tadah hujan yang ada,” tandas Haruna pengusaha ternak sapi ini. (*)

Reporter : Hamdan

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda