Jelang Ramadhan, Harga Bumbu Dapur di Parepare Naik Dua Kali Lipat

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Jelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun ini, harga sejumlah komoditas bumbu dapur di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mulai mengalami lonjakan hingga dua kali lipat.

Dari pantauan Pijarnews, lonjakan harga bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, serta cabai besar terjadi di Pasar Senteral Lakessi Parepare, Senin (29/4/2019).

Bawang merah yang sebelumnya Rp18 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp40 ribu perkilogram, bawang putih sebelumnya Rp12 ribu, naik menjadi Rp45 ribu perkilonya, sementara harga cabai besar juga ikut mengalami lonjakan harga, yang sebelumnya Rp8.000 perkilogram, naik menjadi Rp20 ribu perkilonya.

Minimnya pasokan dari daerah penghasil bawang seperti Enrekang, Bantaeng, serta Makassar, dan tingginya permintaan pasar jelang Ramadhan, diduga mempengaruhi lonjakan harga pada sejumlah komiditas bumbu dapur ini.

“Lonjakan harga ini biasanya terjadi saat menjelang masuk bulan suci Ramadhan, sehingga mengakibatkan harga sejumlah bumbu dapur mengalami kenaikan,” terang Zenab salah seorang pedagang Pasar Sentral Lakessi, Parepare. 

Zenab menambahkan, lonjakan harga ini terjadi sudah dua pekan, namun hingga saat ini harga bumbu dapur yang dimaksud belum ada tanda-tanda akan kembali normal seperti biasanya.

Para pedagang di Pasar Senteral Lakessi berharap, agar harga bumbu dapur ini bisa kembali normal karena dapat mempengaruhi omzet mereka.

Reporter: Amiruddin Pujo

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda