Kapolres Parepare Ajak Jurnalis Berkumpul Jelang Pilkada

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi
Kapolres Parepare, AKBP.Pria Budi, saat menyampaikan sambutan di depan sejumlah jurnalis (foto: Amiruddin Pujo/ pijar).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi mengajak seluruh elemen jurnalis yang bertugas di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, agar tetap menjaga netralitas, serta mewujudkan tercapainya Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, yang damai, aman, dan bermartabat.

Kegiatan yang digelar di salah satu restoran di kawasan ‘Hastom’ Parepare ini dikuti puluhan jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik, dan online. Kegiatan ini mengangkat tema, Polres Parepare bersama jurnalis siap mengamankan dan mengawal pilkada 2018 di Kota Parepare.

Kegiatan ini, juga turut dihadiri oleh Wakapolres Parepare, Kompol Muhammad Amir, sejumlah Kepala bagian (Kabag), Kasat reskrim, serta Koordinator Perhimpunan Jurnalis Ajatapareng (Pijar), Abdillah MS, dan Sekretaris, Darwiaty Dalle, Rabu (14/2/2018).

Dalam sambutannya, Pria Budi mengemukakan, jurnalis juga punya peran yang sama dengan Polri dalam menjaga dan menunjang tercapainya situasi ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

“Jangan salah ya teman-teman, jurnalis juga punya peran yang sama dengan Polisi dalam mengamankan pilkada. Bayangkan jika seseorang yang baru belajar jadi jurnalis dan tidak pernah mengikuti pendidikan, lalu kemudian menulis berita yang seharusnya tidak  ditulis lantaran melanggar kode etik, kemudian menyebarkannya di media sosial, tentu hal itu bisa memicu keamanan. Inikan bahaya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pijar, Abdillah MS dalam sambutannya mengungkapakan, sangat mengapresiasi selama ini Polres Parepare, telah memberikan akses yang seluas-seluasnya dalam tugas peliputan, selain itu, dirinya berjanji, jurnalis yang bertugas di Parepare, sangat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sebab Pers atau jurnalis itu sendiri adalah pilar ke empat demokrasi, setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Kami berjanji, akan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, dan siap mendukung terciptanya pelaksanaan Pilkada damai, aman, dan bermartabat,” ucapnya.

Abdillah juga mengungkapkan, jurnalis yang bertugas di Parepare, umumnya lahir dan besar di kota ini, dan tentu juga punya keinginan yang sama, melihat kota kelahirannya yang tengah melangsungkan agenda politik lima tahunan ini, berjalan dengan lancar dan aman. Selain itu, para jurnalis di Parepare masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal, yakni budaya ‘si pakainge’ atau saling ingat mengingatkan, mana kala ada sesuatu yang dianggap berlebihan dalam penulisan berita.

“Pak Kapolres, perlu kami sampaikan, bahwa kami yang bertugas disini, umumnya lahir dan besar di kota Parepare, kami juga punya keiginan yang sama pak, untuk melihat kota kelahiran kami aman, selain itu, kami juga bukan baru satu dua tahun berkenalan dengan teman-teman. Kami sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Bugis yakni ‘si pakainge’ atau saling ingat mengigatkan, mana kala ada sesuatu yang dianggap berlebihan dalam menjalankan tugas jurnalistik,” singkatnya. (amr/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News