Jelang Idhul Adha, Bisnis Hewan Kurban di Parepare Menurun

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Hari Raya Kurban tinggal menghitung hari, namun bisnis penjualan hewan kurban seperti sapi tak seperti tahun lalu. Tahun ini menurun, seperti yang di alami Hafid yang menjual sapi di Jalan Kelapa Gading, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Rabu (22/7/2020).

Hafid menjelaskan, pada Idul Adha tahun 2019, ia mampu menjual sebanyak 35 sapi. Namun hingga saat ini, sapinya baru laku terjual hanya berjumlah belasan.

“Kalau sekarang 18-19 saja. Tidak seperti dulu kita bisa jual sampai 35 sapi,” ungkap Hafid kepada PIJARNEWS.COM, Selasa (21/07/2020).

Selain penurunan jumlah penjualan sapi, Hafid yang tiap tahun menjual sapinya di lokasi itu juga mengatakan, jika harga sapi yang dijual semakin menurun.

Tahun lalu, untuk sapi ukuran sedang bisa mencapai Rp14-15 juta. Tapi, saat ini turun ke harga Rp11-12 juta.

“Dengan harga segitu, orang masih menawar. kita maklumi saja karena sekarang memang lagi susah pendapatannya orang,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Fajri yang sudah sudah sebulan di lokasi itu menjajakan sapinya mengaku jika penjualannya juga menurun. Masih beruntung, dari 10 sapi yang ia jual, sisa dua yang belum bertuan.

Selain itu, kata Fajri, pihak dinas terkait belum pernah datang untuk melakukan pengecekan kesehatan.

“Selama ini belum pernah ada petugas datang. Tapi biasanya nanti menjelang 3 hari Idul Adha baru ada yang datang,” ujarnya.

Kepala Dinas PKP, Wildana saat dikonfirmasi mengtakan timnya telah menjadwalkan akan turun melakukan pengecekan pada Kamis (23/07) mendatang.

“Rencananya kami akan turun pada kamis nanti. Tapi sebenarnya sejak dua minggu lalu, tim kami juga sudah melakukan pendataan,” kata Wildana.(*)

Reporter : Mulyadi Ma’ruf

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News