Jelang Akhir Tahun, Harga Bumbu Dapur Naik di Pasar Lakessi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Menjelang akhir tahun 2018, harga bumbu dapur di Pasar Lakessi, Kota Parepare mengalami kenaikan. Salah satunya cabai merah yang mengalami kenaikan Rp5 ribu per kilogram.

Bahar, salah seorang pedagang di Pasar Lakassi mengatakan, harga cabai sudah mulai mahal. “Kemarin harga cabai harganya Rp15 ribu, sekarang sudah Rp20 ribu per kilogram,” ungkap Bahar kepada PIJARNEWS, Jumat 30 November 2018.

Bahar mengatakan, walaupun mengalami kenaikan, tapi dari segi kualitas cabai merah tetap bagus seperti biasanya. Apalagi, kata Bahar, meski mengalami kenaikan, namun tidak mengurangi minat pembeli.

Nasrah, pedagang lainnya saat ditemui dilapaknya, Jumat 30 November 2018 juga mengakui adanya kenaikan. “Harga bumbu dapur seperti cabai akhir-akhir ini ada kenaikan dari harga Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram,” jelas Nasrah.

Tidak hanya cabai merah,
lanjut Nasrah, komuditas tomat dan bawang merah juga mengalami kenaikan. Tomat dari harga Rp5 ribu per kilogram naik jadi Rp6 ribu per kilogram, kemudian bawang merah dari harga Rp24 ribu jadi Rp30 ribu per kilogram,” ujar Nasrah.

“Kenaikan harga ini sudah satu minggu, mungkin pengaruhnya dari cuaca karena sering hujan,” tambahnya.

Purnamasari, salah seorang pembeli mengatakan, kenaikan rempah-rempah sebenarnya sudah biasa terjadi dan tetap saja  meresahkan masyarakat.

“Tapi kita mengikut saja sama pedagang, selagi alasan kenaikannya jelas dan wajar serta tidak terlalu melonjak. Sebab memang saat ini memasuki musim hujan,” katanya. (*)

Reporter : Hamdan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda