Inilah TPS Unik di Sidrap dan Parepare

TPS Unik
TPS Unik di Sidrap

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Beragam cara dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 27 Juni 2018. Di Kabupaten Sidrap dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan misalnya, petugas mendekorasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar menarik minat pemilih.

Tengok saja dekorasi TPS 4 Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap. Sejak Selasa sore, petugas sudah sibuk mendekor TPS-nya dengan desain ala pengantin suku bugis. Padahal, hiasan ini lazimnya digunakan saat hajatan seperti pesta perkawinan.

Selain TPS yang didesain unik, petugas PPS juga mengenakan pakaian adat bugis bernama baju bodo untuk wanita dan laki-lakinya juga mengenakan jas khusus berwarna merah plus songkok khas bugis.

Dengan dekorasi ala pengantin bugis tersebut, warga terus berdatangan ke TPS untuk memilih calon bupati dan calon gubernur pilihannya. Antusias ini tidak menyurutkan semangat warga padahal hujan mengguyur Kabupaten Sidrap sejak pagi.

Bukan hanya di Kabupaten Sidrap, dua TPS di Kota Parepare, juga mempercantik TPS-nya agar warga tertarik datang dan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak.

Di TPS 2 Kelurahan Ujung Lare, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, petugas mengkreasikan TPS-nya dengan tema ala perayaan ulang tahun. Mereka menghias TPS-nya dengan balon gas serta pita. Petugas PPS juga mengenakan pakaian baju batik serta tutup kepala ala perayaan ulang tahun.

Usai memilih, warga yang sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 2 Kelurahan Ujung Lare menerima permen dari petugas PPS. Permen tersebut sebagai salah satu ucapan terima kasih telah berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dan ikut mensukseskan Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Enceng, salah seorang warga mengaku terpesona dengan dekorasi TPS ini. “Saya senang karena bisa ikut menggunakan hak pilih dan tidak golput pada Pilkada ini. Saya semakin gembira karena TPSnya didekor seperti pesta ulang tahun,” kata Enceng kepada Pijar, Selasa 27 Juni 2018.

Pernak-pernik TPS 6 Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare juga terbilang unik. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Ketua KPPS  6, Ahmad Sima mendesain TPS-nya dengan tema kampung piala dunia 2018.

Di TPS 6 Lompoe ini, sejumlah bendera delegasi peserta piala dunia dipasang di dalam TPS. Bukan hanya itu, petugas PPS juga mengenakan kostum jersi peserta piala dunia, seperti Argentina, Portugal, Brasil, Jerman dan sejumlah kesebelasan lainnya.

Ketua PPS 6 Lompoe, Ahmad Sima mengatakan, pernak-pernik TPS ini dilakukan untuk menyemarakkan Pilkada serentak. “Ini juga sekaligus memeriahkan perhelatan sepak bola dunia,” tandas Ahmad Sima. (*)

 

Penulis : Amiruddin
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Joko widodo - KH. Ma'ruf Amin