Ini Alasan Wawali Tidak Meneliti di Parepare untuk Desertasi Doktornya

Suasana saat Wawali Kota Parepare, Faisal Andi Sapada ujian promosi doktor di Pascasarjana UMI Makassar. --sumber foto : Facebook--

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Wakil Wali Kota Parepare Faisal Andi Sapada (FAS) resmi menyandang gelar doktor ilmu manajemen. FAS menuntaskan Ujian Promosi Doktor di Pascasarjana UMI, Jumat 19 Januari.

Dia menyusun desertasi, dengan melakukan penelitian di Kabupaten Pinrang. Mengapa Faisal memilih Bumi Lasinrang, dibanding Kota Parepare yang notabene tempatnya menjabat sebagai Wawali ? Hal tersebut sempat ditanyakan oleh salah seorang penguji.

“Dalam penelitian saya, ada responden untuk mengukur kinerja pegawai. Kalau saya meneliti di Parepare, kekhawatiran kami responden itu akan segan atau takut menjawab sesuai fakta yang ada. Nanti jawabannya yang baik-baik saja,” jelas FAS.

Faisal Andi Sapada saat mengikuti ujian doktoral di Kampus Pascasarjana UMI Makassar, Jumat (19/1). –sumber foto; facebook–

FAS menambahkan, Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi juga memiliki latar belakang birokrat, sehingga mendukung dan cocok untuk penelitian yang ia angkat. “Beliau (Aslam,red) punya background ASN. Beliau memahami etika pemerintahan. Itu sinkron dengan desertasi saya,” imbuh Mantan Sekda Kota Parepare itu.

Faisal menyelesaikan studi Doktoral dengan mengangkat judul desertasi ‘Pengaruh Budaya Organisasi dan Etika Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Daerah Kabupaten Pinrang’.

“Saya berharap hasil penelitian ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pegawai. Juga, ilmu yang saya peroleh selama menempuh program S3 bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara,” tandas FAS.

Sebelum menyandang gelar Doktor, Faisal juga telah menyandang gelar magister Ilmu Manajemen, sarjana ekonomi dan gelar insinyur di bidang teknik sipil. (sps)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda