Ingin Jadi Kepala Sekolah, Harus Melek IT !

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo mewacanakan memasukkan satu syarat baru bagi calon kepala (cakep) sekolah. Syarat itu adalah kemampuan operasionalisasi perangkat ICT (information, communication, & technology).

Rencananya, None akan mengusulkan pada stakeholder penyelenggara seleksi dan diklat cakep agar membuat regulasi yang mengatur soal kemampuan para calon beradaptasi hingga mengoperasikan perangkat teknologi.

“Kemampuan IT itu bukan hal susah sebenarnya. Tua maupun muda bisa segera tahu kalau ada kemauan belajar,” kata mantan Kepala Badan Diklat Provinsi Sulsel itu, Selasa 18/4.

Penguasaan IT bagi kepala sekolah, lanjutnya, bukan untuk latah-latahan apalagi sekadar gaya-gayaan. Namun pengelolaan sekolah berbasis IT tentu harus didukung oleh top leader (kasek) supaya transfer teknologi berjalan lancar.

“Memang secara detail (teknis) dibutuhkan tenaga khusus IT, tapi kepsek juga idealnya tahu minimal kemampuan-kemampuan dasar,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikemukakan None saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan TIK Aparatur di Hotel Jolin Makassar, Senin (17 April 2017). Acara tersebut diadakan oleh UPT Pengembangan Informasi, Teknologi, dan Komunikasi Pendidikan, Bahasa dan Sastra Daerah (PTIKPBSD) dengan peserta dari sekolah-sekolah (wakasek bidang kehumasan). (rls/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News