IAIN Parepare Mulai Bersiap dengan Pemberlakuan New Normal

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Pemerintah akan memberlakukan New Normal di sejumlah daerah di Indonesia, itu belum termasuk Sulawesi Selatan. Meski belum diberlakukan di Sulawesi Selatan, sejumlah daerah kini sudah mulai bersiap. Termasuk di perguruan tinggi IAIN Parepare.

Satgas Covid-19 IAIN Parepare kini telah menyiapkan sejumlah fasilitas, seperti pemasangan wastafel portabel yang disiapkan di berbagai kantor fakultas.

Ketua Satgas Covid-19 IAIN Parepare, Dr H Muhammad Saleh, Jumat (29/5/2020) menjelaskan, berdasarkan perkembangan covid-19 yang hingga saat ini belum menunjukkan penurunan kasus, maka masyarakat harus membiasakan hidup bersih, misalnya dengan rutin mencuci tangan dengan sabun.

“ASN di IAIN Parepare harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam situasi new normal di dunia kerja. Untuk itu, satgas pencegahan Covid-19 IAIN Parepare berinisiatif untuk mendistribusikan wastafel portable ke fakultas, lembaga, dan unit pada lingkup IAIN Parepare,”  jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, beberapa syarat yang harus dipenuhi daerah jika ingin menyesuaikan kebijakan PSBB. Syarat itu terdiri atas perkembangan COVID-19, pengawasan terhadap virus atau kesehatan publik, kapasitas pelayanan kesehatan, persiapan dunia usaha, dan respons publik.

Untuk syarat perkembangan COVID-19 sendiri salah satunya berdasarkan indikator penularan berdasarkan angka reproduksi dasar wabah (R0). Syarat angka reproduksi wabah menjadi syarat mutlak yang ditetapkan pemerintah. Tolak ukurnya, angka reproduksi R0 pada waktu t (Rt) atau angka reproduksi efektif harus di bawah 1.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News