IAIN Parepare Kolaborasi Pemkot Tebarkan Gagasan Moderasi Beragama

Iain pare
Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim foto bersama Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan bersama rombongan usai melakukan pertemuan di ruang pertemuan Wawali di Balai Kota Parepare, Rabu (11/3/2020).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare terus menebarkan moderasi beragama yang digagas Kementerian Agama RI. Salah satunya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Hal tersebut diungkapkan Rektor IAIN Parepare, Dr Ahmad Sultra Rustan saat melakukan audience dengan Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim di Ruang Kerja Wawali di Balai Kota Parepare, Rabu (11/3/2020).

Iain pare
Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan bersama rombongan melakukan audience dengan Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim di Ruang Kerja Wawali, Rabu (11/3/2020).

Ahmad mengatakan, gagasan moderasi beragama ini perlu disampaikan kepada masyarakat, utamanya kepada para dai, pegawai syara dan pengurus masjid.

Ini penting, kata Ahmad, agar tercipta kondisi yang harmonis antar umat beragama.

“IAIN Parepare mengajak Pemerintah Kota Parepare bersinergi untuk mengadakan seminar. Pesertanya para Dai, Pegawai Syara dan Pengurus Masjid,” kata Doktor Komunikasi Lulusan Unhas ini.

Selain itu, sambung Ahmad, IAIN Parepare juga akan mengajak para dai, khususnya dai muda untuk menyampaikan ceramah yang tidak provokatif dan menebar kebencian dengan penganut agama lain.

“Para dai diharapkan menebarkan materi ceramah yang ramah dan menghindari penyampaian narasi kebencian,” ungkap Ahmad.

Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim mendengar secara serius pemaparan Rektor IAIN Parepare mengenai gagasan moderasi beragama tersebut.

Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim menyambut baik gagasan moderasi tersebut dan meminta pihak IAIN Parepare segera berkoordinasi dengan pejabat pemkot yang terkait mengenai rencana seminar tersebut.

Selain menyampaikan pentingnya moderasi beragama, Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan juga mengundang secara resmi Pemerintah Kota Parepare, dalam hal ini Walikota Parepare Dr HM Taufan Pawe dan Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim untuk hadir pada acara wisuda sarjana dan magister. Wisuda tersebut akan digelar, Sabtu 21 Maret 2020 mendatang di Auditorium IAIN Parepare.

Rektor IAIN Parepare juga menyampaikan rencana ratusan mahasiswa IAIN Parepare yang akan melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) reguler tematik  pada 26 Maret 2020 mendatang. Salah satu lokasinya yakni di Empat Kecamatan di Kota Parepare.

“Selain di Parepare, ada juga mahasiswa yang ikut KPM Nusantara yang akan ditempatkan di pulau sulawesi. Diantaranya di salah satu pulau terpencil di Sulawesi Tenggara,” kata Ahmad.

Hadir mendampingi rektor dalam audience tersebut yakni Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr Siti Jamilah Amin, Wakil Rektor III, Dr H Muhammad Saleh, Ketua LP2M IAIN Parepare, Dr Hj Muliati, Dekan Fakultas Tarbiyah yang juga Ketua Panitia Wisuda, Dr Dahlan dan Sekretaris Panitia Wisuda, Nahrul Hayat serta sejumlah pejabat IAIN Parepare. (*)

Penulis : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News