Himpun Rp 6 M, Baznas Enrekang Lampaui Target Pengumpulan Zakat di 2020

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Pasca Ramadhan 1441 H/2020 M, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang membukukan hasil pengumpulan zakat infaq dan sedekah, data rincian total jumlah zakat fitrah, zakat mal dan infaq rumah tangga Muslim, yang diterima dari seluruh UPZ kecamatan se-kabupaten Enrekang.

Insrumen pembayaran Zakat Fitrah dari masyarakat muslim dilakukan di setiap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing masjid se-kabupaten Enrekang.

“Hari ini jumlahnya kita ketahui setelah rapat evaluasi bersama UPZ kecamatan,” kata Komisioner Baznas Enrekang bidang pengumpulan, Baharuddin, Senin (8/6/2020).

Ia menjelaskan, selama Ramadhan para UPZ di setiap masjid dan desa menerima pembayaran zakat fitrah, mal dan infaq dari masyarakat muslim se-kabupaten Enrekang, cukup efektif.

“Inilah ikhtiar kita sebagai Amil Zakat memfasilitasi umat muslim menunaikan kewajiban pembayaran zakatnya. Khusus zakat fitrah setelah dihimpun, dicatat jumlahnya kemudian disalurkan kepada mustahik, penyerahannya dilakukan oleh masing-masing UPZ masjid,” ujar Baharuddin.

Baznas Enrekang sendiri menargetkan mampu mengumpulkan Rp 5 miliar Zakat Fitrah pada tahun ini.

Target itu lebih besar dibandingkan capaian zakat fitrah pada 2019 lalu yang hanya mencapai Rp. 4 Milyar.

Zakat
Data Zakat per Kecamatan di Kabupaten Enrekang

Total jumlah zakat fitrah, zakat mal dan infaq rumah tangga Muslim yang terkumpul sesuai data masuk tahun ini adalah Rp 6 M. Dengan rincian jumlah Zakat Mal tahun lalu hanya 70 juta naik 300 juta, Infaq dari 700 juta naik 800 juta dan Zakat Fitrah dari 4 Milyar naik 5 Milyar.

Target pengumpulan tersebut bisa terealisasi jika semua pihak yang membayar Zakat Fitrah bisa terdata dengan baik. (*)

Reporter : Armin

Editor : Muhammad Tohir

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News