Hilang Sejak Rabu, Tiga Pendaki di Pegunungan Latimojong Belum Ditemukan

  • ket: Gunung Latimojong (foto: the7summitsindonesia)

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Tiga pendaki dilaporkan hilang di Gunung Sikolong, Pegunungan Latimojong, Enrekang, sejak Rabu (11/10) malam. Ketiga pendaki tersebut adalah Afrin Dihamri (anggota Mapala Politeknik Ujung Pandang/PNUP), Widi (anggota Celebes Backpacker), dan Tuye (Komunitas Pencinta Alam Sikolong).

Ket: Persiapan Tim sebelum melakukan pencarian, Minggu 14/10. (foto: Fauzan/PIJAR)

Ketua Pengurus Harian Mapala Politeknik Ujung Pandang, Candra Nur, mengatakan tiga pendaki itu memulai pendakian pada Jumat (6/10) sore dengan tujuan Buntu Sikolong di perbatasan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Luwu. Mereka berencana kembali ke posko Mabu di Desa Uluwai dua hari berikutnya, Minggu (8/10). Pendakian tersebut, dikenal dengan istilah Teknik Himalayan.

“Berdasarkan informasi dari tokoh masyarakat Desa Uluwai, Ambe Danisa, anggota kami bersama dua rekannya belum kembali ke rumah Ambe Danisa pada Rabu petang (11/10), sehingga kami langsung melapor ke Basarnas Makassar,” ujar Candra.

Tim Basarnas bersama personel SAR lainnya dan anggota Mapala PNUP, telah berada di Mabu, Desa Uluway, Enrekang sejak Kamis malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun PIJAR dilokasi pencarian, belum ditemukan adanya tanda-tanda atau petunjuk tentang keberadaan 3 survivor yang dilaporkan hilang. Padahal, salah satu dari mereka, Tuye adalah warga lokal yang bukan kali pertama mendaki gunung tersebut.

Sementara itu, menurut juru bicara Basarnas Makassar, Hamsidar, proses pencarian hari ini dimulai pukul 07.00 Wita oleh tim yang beranggotakan 22 anggota SAR gabungan yang dibagi menjadi 7 tim Search Rescue Unit. Tim bergerak dari Camp 2 pada koordinat 03° 18’57″S – 120° 01’22″E menuju Camp 3 di koordinat 03° 19’20″S – 120° 01’44″E. (fzn/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda