Hari Buruh, Mahasiswa Tuntut Perlindungan TKI

PAREPARE, PJARNEWS.COM — Memperingati Hari Buruh Internasional, puluhan mahasiswa di Kota Parepare yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Mahasiswa Parepare menggelar aksi di halaman Air Mancur Patung Cinta Habibi Ainun Kota Parepare, Rabu, 1 Mei 2019.

Aksi tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang serentak digelar di seluruh wilayah di Indonesia.

Mahasiswa berorasi sambil membawa beberapa spanduk sebagai bentuk tuntutan. Mereka menuntut kepada pemerintah agar menghapus sistem outsourcing dan memperhatikan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia karena setiap tahunnya ada yang meninggal.

Untuk menghindari adanya kericuhan, aksi ini dikawal ketat oleh pihak keamanan dari polres Parepare.

Menurut Koordinator Aksi, Candra berbagai tuntutan mereka kemukakan dalam aksi 1 Mei tersebut.

“Kami menuntut serta mendesak kepada pemerintah agar memperhatikan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang dianggap tidak berjalan dengan baik dan perlindungan TK serta penghapusan kerja sistem outsourcing,” urainya.

Aksi tersebut berjalan aman dan tertib karena dikawal langsung pihak keamanan Polres Parepare. Hingga aksi ini selesai puluhan mahasiswa akhirnya membubarkan diri dengan tertib. (*)

Reporter: Amir
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda