Harga Bumbu Dapur Kembali Mengalami Lonjakan di Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Harga komoditas bumbu dapur di sejumlah pasar tradisional di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, kini kembali mengalami lonjakan drastis. Lonjakan harga bumbu dapur ini tetjadi terutama pada bawang merah, bawang putih, dan cabe merah.

Dari pantauan Pijarnews, lonjakan harga bumbu dapur ini merata di sejumlah pasar tradisional, seperti Pasar Lakessi, Pasar Labukkang, dan Pasar Sumpang. Kenaikan harga ini diduga dipuci oleh kurangnya pasokan dari daerah penghasil bumbu dapur, seperti Kabupaten Enrekang, Sidrap, Pinrang, Gowa, dan Jeneponto.

Harga bawang merah yang dulunya dijual Rp 8 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 10 perkilogram, harga bawang putih yang dulunya Rp 12 ribu, naik menjadi Rp 18 ribu perkilogram, sementara harga cabe merah, dari harga Rp 10 ribu, naik menjadi Rp 15 ribu perkilogram.

Menurut salah seorang pedagang, Nurlina, kenaikan harga ini dipucu karena kurangya pasokan yang disebabkan adanya bencana banjir yang pernah terjadi di sejumlah daerah penghasil bumbu dapur.

“Kenaika harga ini dipicu karena dareah penghasil bumbu dapur seperti bawang merah dan cabe merah dari wilayah pemasok pernah mengalmi musibah banjir.” katanya.

Reporter: Syamsuddin
Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda