Halal Bihalal IAIN Parepare, Rektor Harap Kembangkan Moderasi Beragama

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan (pakai dasi) saat acara halal bihalal di Gedung Serbaguna IAIN Parepare, Senin (10/6/2019).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Halal  Bihalal di Gedung Serbaguna IAIN Parepare, Senin 10 Juni 2019. Kegiatan ini dihadiri ratusan orang yang terdiri dari mahasiswa, pegawai, dosen dan pejabat lingkup IAIN Parepare.

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya mengajak sivitas IAIN Parepare untuk senantiasa menjaga silaturahmi antar sivitas akademik. Selain itu, Ahmad Sultra juga mengajak sivitas akademik untuk selalu merawat dan memahami pentingnya moderasi beragama. 

“IAIN Parepare selain pengembangan riset penelitian, juga turut mengembangkan moderasi beragama,” ujarnya.

Ahmad juga berharap agar IAIN Parepare dapat memberi contoh kepada masyarakat, khususnya di wilayah Ajatappareng terkait moderasi agama. Berawal dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang gencar melakukan edukasi kepada masyarakat tentang  moderasi agama.  Hal ini dilakukan dalam rangka meredam tindakan radikalisme dan ektrimisme.

Dilansir dari kemenag.go.id, moderasi agama adalah bagaimana agama disikapi, dipahami kepada esensi dan substansi agama itu sendiri.

H Islamul Haq, Dosen IAIN Parepare (pakai songkok hitam) berfoto bersama rekan dosen usai membawa acara hikmah Halal Bihalal.

Pemahaman akan substansi dan esensi agama yang baik, menurut Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin akan berdampak pada bagaimana masyarakat melihat keragaman.

Masih adanya perbedaan sikap dalam memahami keragaman, menurut Menag, ini  berkaitan dengan wawasan yang dimiliki. Termasuk, munculnya radikalisme dan ekstremisme karena adanya keterbatasan wawasan.

Sementara pembawa hikmah, H Islamul Haq yang merupakan dosen IAIN Parepare mengingatkan agar senantiasa memperbaiki ibadah yang berkesinambungan dengan akhlak. “Tidak ada nilainya suatu ibadah jika tidak membawa pengaruh terhadap kebaikan akhlak kita,” ujar alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu. (*)

Citizen Report : Hayana

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda