Gubernur Sulbar Launching Perdana Pelayaran Perahu Sandeq

SULBAR, PIJARNEWS.COM–Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar hadir langsung melaunching pelayaran perdana perahu sandeq di Dermaga Mako Lanal Mamuju , Ahad (21/3/2021).

“Perahu sandeq merupakan salah satu kapal yang sangat tangguh di tengah lautan, yang mencerminkan filosofi orang Mandar yang gagah berani mengarungi samudera,” kata Ali Baal Masdar, dalam kegiatan yang bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI).

Kegiatan tersebut lanjutnya merupakan salah satu agenda bernilai kebudayaan yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan budaya Sulbar melalui sandeq.

“Perahu sandeq jika tidak dilestarikan, maka akan punah,”tandas Ali Baal.

Gubernur yang akrab disapa ABM itu mengatakan, pemerintah daerah dapat mengangkat pariwisata melalui perlombaan sandeq race yang sering dilaksanakan Pemprov Sulbar tiap tahunnya. “Karena ada pandemi Covid-19, maka agenda tersebut harus terpending, pemerintah daerah juga tentunya taat pada aturan protokol kesehatan yang ada,” imbuhnya.

Kepala BI Perwakilan Sulbar, Budi Sudaryono mengatakan, pihak BI selalu bertekad untuk terus berkontribusi membantu pembangunan daerah dimanapun berada, namun adanya berbagai kendala yang mengharuskan segala unsur konsen pada penyebaran Covid-19. Dan pemulihan ekonomi saat ini, maka menurutnya Launching Sandeq tersebut dinilai sangat cocok dilaksanakan.

“Kami berharap sebagai warga Sulbar bisa kuat seperti sandeq ini dan ditengah tantangan yang ada kita harus maju terus seperti sandeq, walaupun ada ombak menghadang sandeq terus maju tanpa pantang mundur,” pungkas Budi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Asisten I Bidang Pemkesra, Setda Sulbar, Muh. Natsir, Asisten II Bidang Ekbang, Junda Maulana dan sejumlah pimpinan OPD.
Usai melaunching secara resmi, Gubernur Sulbar bersama rombongan berlayar menggunakan perahu sandeq tersebut menuju Pelabuhan TPI Kasiwa Mamuju. (rls)

Bagikan :