Geopark Maros Menuju Pariwisata Dunia

Geopark Maros (Gambar: internet)

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah mendukung Geopark Maros-Pangkep menuju pariwisata dunia.

“Geopark Maros Pangkep, kata dia, cara memuliakan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Senin 3 Agustus 2020.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan, tapi harus dijaga. Menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya tugas bersama.

“Geopark Maros Pangkep sangat banyak destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai kita membangun kawasan wisata tapi mengubah fungsi,” tegasnya.

Geopark Maros Pangkep, kata dia, sudah memenuhi standar dan bisa masuk di UNESCO, tapi harus ada konsistensi dari masyarakat dan pemerintah, tetap menjaga keasliannya. UNESCO merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita mengubah fungsinya. Silakan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya),” katanya.

Menurut dia, menjaga Geopark Maros dan Pangkep, masyarakat harus menyayangi alam demi kesejahteraan masyarakat.

“Jika mau disayangi alam, maka kita harus lebih menyayangi alam. Alam harus dimuliakan dan masyarakat bisa disejahterakan,” jelasnya.

Jendral Maneger Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan, mengaku, mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulsel, pengusulan Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO.

“Jadi arahan dari Pak Gubernur setelah pertemuan ini, kami dari badan pengelola Geopark Maros Pangkep meminta, arahan Gubernur sebelum pengajuan Geopark Maros Pangkep yang sekarang berstatus nasional menuju ke UNESC,” urainya.

Ia berharap, Geopark Maros Pangkep ini bisa segera dijadikan pariwisata dunia, apalagi sudah ada dukungan dari Gubernur Sulsel.

“Target kita adalah Geopark Maros Pangkep ini bisa diterima sebagai bagian dari Geopark Global eksport. Mudah-mudahan tahun depan akan ada proses assesment, ” harapnya.

Meski demikian, Geopark Maros Pangkep harus disokong dengan pembangunan infrastruktur yang mendukung sebagai kawasan wisata dunia.

“Tentu ada pembenahan yang akan kita lakukan. Informasi Geopark Maros Pangkep harus disosialisasikan di media,” katanya. (er)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News