Gencar Kawal Eksistensi IGI, Pijarnews Diganjar Award Media Partner Terbaik

Direktur Pijarnews.com, Alfiansyah Anwar (dua kanan) mewakili Pijarnews menerima penghargaan dari IGI Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Parepare memilih empat media massa masuk nominasi media partner terbaik dalam ajang IGI Award di Gedung Balai Ainun Habibie, Kamis malam (5/12/2019).

Empat media partner yang menerima penghargaan yakni Harian Parepos yang diterima Redaktur Pelaksana Harian Parepos, Haeril, Pijarnews.com (Alfiansyah Anwar), Tv Peduli (Laode Arwah Rahman) dan Harian Rakyatsulsel (Yanti).

Dari hasil survei dan penelitian tim penilai IGI, Harian Parepos diumumkan sebagai media partner terbaik pertama.

Ketua IGI Parepare, Syaiful Mahsan mengatakan, pemberian penghargaan tersebut sebagai ucapan terima kasih kepada empat media yang selama ini gencar mempublikasikan kegiatan IGI.

“Peran media massa sangat penting dalam eksistensi IGI ke depan,” kata Syaiful Mahsan.

Syaiful juga mengatakan, pemberian piagam penghargaan kepada empat media tersebut juga dirangkai pemberian penghargaan kepada sejumlah penulis buku.

“Hingga saat ini ada 68 buku fiksi dan non fiksi yang telah diterbitkan oleh anggota IGI Parepare. Ini sebuah prestasi untuk mendukung kota tempat kelahiran BJ Habibie sebagai kota literasi,” ujar Syaiful.

Dari 68 buku tersebut, lanjut Syaiful,
program satu guru satu buku (Saguku) kian hari kian meningkat dalam tiga tahun terakhir.

“Dalam program 111, anggota IGI menghasilkan 15 buku, menyusul program 112 sebanyak 23 buku, dan program 113 sebanyak 30 buku. Jadi totalnya 68 buku,” sebut Syaiful yang juga Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Parepare ini.

Kesuksesan program satu guru satu buku ini, lanjut Syaiful, sudah digerakkan semasa kepemimpinan almarhum Ketua IGI Parepare, Syukur Salman.

“Karena itu kita mengirimkan doa dan membacakan Alfatihah kepada almarhum Bapak Syukur Salman,” ajak Syaiful yang diikuti ratusan pengurus dan tamu undangan.

Kiprah IGI yang baru sekitar 10 tahun terbentuk ini menjadi salah satu motor penggerak bagi guru untuk berkreasi. Bukan saja dalam kelas, tetapi juga dalam dunia literasi.

Hadir dalam kegiatan penerimaan  IGI Award yakni Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Parepare, Arifuddin Idris, Ketua Penggerak PKK dan Pembina IGI Parepare, Erna Rasyid Taufan dan sejumlah penulis buku.

Pelaksana tugas Kadis Pendidikan Parepare, Arifuddin Idris mengapresiasi banyaknya buku hasil karya pengurus IGI Parepare.

“Saya sangat bangga melihat pejuang literasi menulis dan menerbitkan buku. Meski dengan keterbatasan dana. Semoga ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Arif– sapaan akrab Arifuddin.

Arif berjanji akan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kepala sekolah agar mensupport pendanaan kegiatan penulisan buku oleh guru minimal lima persen dari anggaran Badan Operasional Sekolah (BOS). “Sebab dalam aturan dana BOS memang ada dana untuk penulisan buku,” ujar Arif.

Catatan Pijarnews, IGI Award memberikan penghargaan kepada Kepala SMP 4 Parepare, Makmur sebagai kepala sekolah terbaik, Dr Qadaruddin (Dosen FUAD IAIN Parepare) sebagai Penulis Buku Non Fiksi terbaik, Dr Rusdaya (Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam) sebagai penjualan buku terbanyak. Panitia juga memberikan penghargaan kepada Erna Rasyid Taufan sebagai Inspirator Literasi Terbaik Kota Parepare. Erna yang juga istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare telah menerbitkan tiga buku hasil karyanya. (*)

Penulis : Alfiansyah Anwar
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News