Gempa Bumi Tektonik M 4,2 Mengguncang Kabupaten Wajo, Tidak Berpotensi Tsunami

 

WAJO, PIJARNEWS. COM–Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Wajo Sulsel pada hari Selasa, 9 Oktober 2018. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa pada pukul 09:03:55 WITA dengan episenter 3.82 LS- 120.23 BT sekitar 23 km Tenggara Sidrap, Sulawesi Selatan berkekuatan M=4.2.

Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan
ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Wajo – Sulawesi Selatan.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan dirasakan di wilayah Palopo, Siwa dan Sengkang dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II – III MMI).

“Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut, ” katanya lewat rilis yang dikirim.

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Palopo, Siwa dan Sengkang serta daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda