Gelar MotoGP 2021, Seskab: Pemerintah Memastikan Serius Mempersiapkan Sirkuit Mandalika

JAKARTA, PIJARNEWS.COM — Pemerintah memastikan serius mempersiapkan kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang. Pemerintah bahkan akan berupaya agar Mandalika menjadi salah satu race (sirkuit) yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco.

“Presiden memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP, tentunya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain sebagainya,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Gedung III Kemensetneg, Jakarta, seperti dikutip di setkab.go.id, Selasa (26/2/2019).

Seskab menilai, ini akan menjadi sebuah daya tarik baru untuk Mandalika dan Indonesia, karena ini dikaitkan dengan pariwisata dan tempatnya sangat baik, dan mungkin nanti akan menjadi salah satu race(sirkuit) yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco. “Tentu ini sangat positif bagi perkembangan sport dan wisata Indonesia,” ujarnya.

Terkait kesiapan masyarakat Lombok, Seskab menegaskan, bahwa mereka sekarang cukup terbuka. Apalagi Lombok sudah menjadi daerah tujuan wisata lebih dari lima belas tahun perkembangannya, bahkan puncaknya di 2015 yang lalu wisata di Lombok sangat tinggi.

“Kalau ada MotoGP di Mandalika, saya yakin akan menjadi daya tarik tersendiri, dan saya yakin masyarakat siap untuk itu,” ucap Seskab meyakini.

Sebelumnya pemegang hak siar MotoGP, Dorna Sport SL dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah menandatangani Promoters Contracts atau kontrak promotor yang dilakukan di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019 lalu.

Wacana gelaran MotoGP di Indonesia ini sendiri sudah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Palembang dan Sentul sebelumnya digadang-gadang akan menjadi tuan rumah sebelum Mandalika disetujui sebagai tempat penyelenggaraan.

Melansir laman motorsport.com, Minggu (24/2/2019) perjanjian tersebut mengonfirmasi, bahwa Indonesia resmi menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike pada 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menjelaskan, bahwa Indonesia memiliki penggemar MotoGP yang begitu besar di dunia, konsep sirkuit yang dihadirkan juga berbeda dengan negara lain.

“Atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit ini selesai dibangun. Bahkan akan ada WSBK juga di tempat itu nantinya,” ujar Ezpeleta.

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda