FICER: Kambo Highland, Kawasan Wisata di Palopo Kedepankan Protokol Kesehatan

palopo

PALOPO, PIJARNEWS.COM– Objek wisata Kambo Highland Park merupakan perpaduan objek wisata alam dan campur tangan manusia yang dibikin semenarik mungkin untuk memikat hati pandangan wisatawan.

Kambo Highland Park terletak di Desa Kambo, Kecamatan Mungkajang Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Secara geografis letak Kambo Highland Park berada di kawasan perbukitan, sehingga sangat asyik menyaksikan keindahan kota Palopo dan sekitarnya, dari ketinggian terlihat pemandangan rimbunan hutan yang dapat menyejukkan sejauh mata memandang.

Jarak menuju ke objek wisata Kambo Highland Park berjarak 9,6 kilometer dari arah Kota Palopo. Untuk tiba ke Kambo Highland, wisatawan dapat menggunakan mobil dan sepeda motor. Sebelum sampai ke pintu Kambo Highland Park, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam yang dikelilingi hamparan gunung yang sejuk dan asri.Kambo Highland

Masuk ke tempat ini pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp40 ribu per orang di hari Senin-Jumat. Sedangkan dihari Sabtu-Minggu mencapai Rp 50ribu per orang. Harga tiket ini sudah termasuk fasilitas kolam renang dan pengunjung bisa menyambangi pukul 08.00 hingga 18.00 Wita.

Kambo Highland Park dibuka setiap Senin-Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Jam buka ini berlaku untuk pengunjung umum atau reguler, tidak ada perbedaan antara hari kerja maupun cuti bersama.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, jumlah pengunjung di Kambo Highland Park meningkat setiap bulannya. Namun setelah masa pandemi sempat mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis diawal. Itu terjadi di awal Maret hingga April 2020.

“Bulan berikutnya kami ada penutupan sementara mengikuti imbauan dari Pemerintah Kota Palopo, bahwa semua tempat wisata harus ditutup dalam waktu kurang lebih tiga bulan,” tutur Muhammad Irwansyah, Manager Kambo Highland Park, Senin (21/12/2020).

Diceritakannya, di bulan Juli kawasan ini mulai dibuka secara normal namun tetap melaksanakan protokol kesehatan. Wisatawan yang berkunjung maupun pengelola tempat wisata wajib melaksanakan 3 M (menggunakan Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak).

“Kami juga membatasi wisatawan yang datang berkunjung. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Palopo, wisatawan yang datang di angka 350 orang hingga mencapai 700 orang per bulannya. Namun masa pandemi, kami mengalami penurunan kurang lebih 30-50 persen atau 250 sampai 300 orang perbulannya,” sebutnya.

Destinasi wisata Kambo Highland Park adalah wisata alam yang berada di pegunungan. Tentunya yang datang ke tempat ini akan melihat panorama alam, pegunungan yang asri serta menakjubkan serta menjadi daya tarik untuk berkunjung.

Ditambah keunikan beraneka ragam vila berbentuk lumbung padi yang mampu menjadi spot foto menawan dan sebagai bahan di media sosial. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung dikenakan tarif Rp750.000-Rp1.000.000 per malam. Itu sudah termasuk makanan yang disediakan.

Fasilitas vila tersebut terbilang lengkap dengan televisi, AC dan perlengkapan lainnya. Selain bisa menginap di vila yang bentuknya unik, pengunjung juga bisa berenang sepuasnya bersama keluarga dan bisa menyicipi hidangan kuliner yang enak khas Kota Palopo dengan tersedianya cafe di sana. (*)

Citizen Reporter: Fadli Yusuf
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News