Evaluasi Adhoc, Ini Empat Pencapaian KPU Majene di Pilkada 2020

Kpu majene
Dari kiri ke kanan: Ketua KPU Majene Arsalin Aras, Komisioner KPU Majene, Zulkarnain Hasanuddin dan Muhammad Subhan. (Foto : Misbah Sabaruddin/PIJARNEWS.COM)

MAJENE, PIJARNEWS.COM — Pasca pelaksanaan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum menggelar rapat evaluasi untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) se Kabupaten Majene, Sabtu (06/02/2021) di Aula Masjid Ilaikal Mashir, Majene.

Dalam evaluasi tersebut, sejumlah permalasahan disampaikan oleh PPK maupun PPS.

Rapat evaluasi membahas permasalahan masing-masing divisi diantaranya divisi keuangan dan logistik, divisi perencanaan data dan informasi, divisi hukum, divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM serta divisi hukum.

Ketua KPU Majene, Arsalin Aras mengapresiasi kinerja adhoc pilkada 2020. Pasalnya, selama tahapan pilkada berlangsung, KPU Majene merupakan salah satu kabupaten yang diperhitungkan oleh KPU Pusat.

Mulai dari yang tercepat menyelesaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS), tercepat menyelesaikan 100% Sistem Informasi Rekapitulasi (siRekap) dan tidak ada gugatan atau PHPU yang masuk ke Mahkamah Konstitusi.

“Prestasi KPU Majene tidak terlepas dari keterlibatan adhoc yang dinilai cukup maksimal dalam menjalankan tahapan pilkada meski di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Arsalin.

KPU Majene juga mencatat tingkat partisipasi pemilih sebesar 88,2 persen. Angka tersebut melampaui target nasional sebesar 77,5 persen.

Jika dibandingkan tingkat partispasi pada pilkada 2017 yakni mencapai 85 %, angka 88,2 persen diangap cukup tinggi pasalnya masyarakat masih antusias datang ke TPS meski di tengah pandemi Covid-19.

KPU juga turut mengapresiasi perjalanan Pilkada di Kabupaten Majene berjalan dengan baik sehingga tidak adanya gugatan-gugatan yang membuat temuan dalam tahapan pilkada.

Berdasarkan putusan KPU Majene tentang paslon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Majene tahun 2020, menetapkan paslon A. Achmad Syukri Tamalele – Arismunandar sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Terkait jadwal pelantikan calon bupati dan wakil bupati terpilih, diserahkan ke DPRD Kabupaten Majene.

Sesuai hasil perolehan suara, pasangan calon nomor urut dua A. Sukri Tammalele – Arismunandar unggul dari pasangan calon nomor urut satu Patmawati – Lukman.

A. Sukri Tammalele – Arismunandar meraih suara 56.784. Sedangkan Patmawati – Lukman meraih suara 44.176. (*)

Reporter : Misbah Sabaruddin

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News