DPRD Seram Barat Belajar Buat Ranperda Inisiatif di Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — DPRD Parepare mendapat kunjungan dari DPRD Seram Barat, Selasa 18/7. Kedatangan mereka disambut oleh Ketua DPRD Kaharuddin Kadir, anggota Andi Nurhanjayani, Yangsmid Rahman dan Minhajuddin Ahmad.

Seram Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di Maluku. Mereka ingin melakuakn studi banding mengenai pembuatan Ranperda Inisiatif di DPRD Parepare. Ketua Badan Legislasi Seram Barat Hendrik Sriyono menjelaskan, mereka memang belum pernah membuat ramperda inisiatif.

“Sementara DPRD Parepare sudah banyak menghasilkan ranperda inisiatif. Jadi kami kesini untuk belajar,” jelasnya kepada PIJAR.

Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir menambahkan, salah satu gagasan yang di berikan kepada Anggota DPRD Seram Barat yakni, keterbukaan terhadap masyarakat, yang disebut Kahar merupakan salah satu kunci yang memudahkan DPRD Kota Parepare dalam merancang ranperda inisiatif

“Rata-rata perda inisiatif kita lahir karena adanya bantuan masyarakat. Contohnya pada perda pendidikan, di inisiasi salah satu yayasan Lapekom, itu yang mendorong DPRD Untuk membuat perda inisiatif tentang pendidikan. Pernah juga dari koni soal masalah keolahragaan. KNPI juga meminta kami untuk mengeluarkan perda inisiatif tentang kepemudaan. Yang seperti itu kami share ke teman-teman DPRD Seram Bagian Barat” jelas Kaharuddin .

Pada akhir kegiatan kunjungan, Anggota DPRD Seram Bagian Barat menyerahkan kenang-kenangan berupa plakat yang di termia oleh Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda