Dosen FEBI IAIN Parepare Ini Sabet Best Presenter di Ajang Konferensi Internasional

Dosen FEBI IAIN Parepare Ini Sabet Best Presenter di Ajang Konferensi Internasional

PAREPARE, PIJARNEWS.COM– Dosen FEBI IAIN Parepare, Ahmad Abbas mengikuti event International Conference of Business, Accounting, And Economics (ICBAE), dan menjadi pemenang Best Presenter dalam kegiatan tersebut.

Konferensi yang mengusung tema Economics Strength, Entrepreneurship, and Hospitality For Infinite Creativity Towards Sustainable Development Goals (SDGs) atau penguatan ekonomi, kewirausahaan, dan Keramahan bagi Kreativitas tanpa batas menuju tujuan pembangunan berkelanjutan itu di pandu oleh Host dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kegiatan digelar virtual zoom pada 5 Agustus 2020 lalu itu menghadirkan para pembicara, yakni, Asst. Prof Dr. Muhammad Abduh (Universiti Brunei Darussalam), Asst. Prof Dr. Pensri Jaroewanit (Khon Kaen University Thailand), Prof Law Siong Hook Ph.D (Universiti Putra Malaysia), Prof Dr. Lincolin Arsyad (UGM), Dr. Mukhaer Pakkana (ITB Ahmad Dahlan), Asst. Prof Dr. Wiwiek Rabiatul Adawiyah (Universitas Jenderal Soedirman), dan Herni Justiana Ph, D (Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Konferensi internasional itu diikuti oleh 300-an peserta dengan jumlah riset sebesar 121 naskah yang dimenangkan Ahmad Abbas. Sebelumnya, pada Juli lalu, Ahmad Abbas telah memperoleh reward dari IJAZ BAZNAS (www.ijazbaznas.com) karena risetnya masuk sebagai best selected paper yang diikuti oleh 8 negara (puskasbaznas.com/news/1258-ijaz-vol-5-no-1-2020-is-sooner-to-publish).

Kemudian pada agustus ini, Ahmad Abbas mendapatkan kabar jika riset nya lolos dan berhak mengikuti kegiatan konferensi internasional di Purwokerto, karena pandemi, acara dilakukan virtual.

Dalam konfrensi itu, setiap peserta dibagi 5 zoom room. Hari itu, Ahmad Abbas masuk dalam kelas zoom room C, dengan mengangkat penelitian berjudul “The Tenet of Corporate Social Responsibility for Environment and its Practice in Indonesia”.

Penelitian nya secara translasi bertujuan untuk menyediakan perspektif kritis dalam memahami tanggung jawab sosial lingkungan dengan memanfaatkan teori legitimasi. Di samping itu, penelitian nya secara khusus menyoroti praktik CSR lingkungan yang terjadi selama ini di Indonesia, di mana perusahaan cenderung bekerja di bawah tekanan regulasi dan hanya industri kategori besar yang tampak semangat menjalankannya, dengan harapan mendapatkan apresiasi, padahal industri kecil tergolong banyak di Indonesia yang tiap tahunnya mengalami kenaikan pertumbuhan dan memungkinkan akan mendorong peningkatan kerusakan lingkungan akibat manajemen limbah yang kurang baik.

Berikut 12 peserta yang dinyatakan sebagai best presenter pada kegiatan konferensi internasional, yakni:

Ahmad Abbas (IAIN Parepare),
Fatmah Shabrine (Universitas Indonesia), Affandi Imam Sasongko (Universitas Indonesia), Harti Murti Wirawan (Universitas Indonesia),
Sesilya Kempa (Petra Christian University), Adnane Derbani (Universitas Jenderal Soedirman), Zeni Rusmawati (Universitas Muhammadiyah Surabaya), Jati Waskito (Universitas Muhammadiyah Surakarta),
Ruri Hestiti (Institute of Governance of Home Affairs), Mohammad Yuswandi Samadi (Universitas Indonesia),
Elisabet Dita Septiari (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) dan Wiwit Setyowati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Dari hasil pencapaian tersebut, semua penelitian berhak dipublikasikan pada jurnal terindeks Scopus dan Wos.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News