Dinas PPKB Parepare Jadikan Duta Genre Teladan Remaja

Dinas PPKB Parepare Jadikan Duta Genre Teladan Remaja

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Parepare kembali menggelar pemilihan Duta Genre Tahun 2021, Jumat (11/06/2021).

Kegiatan yang digelar di Hotel Kenari, Jalan Jenderal Sudirman, mengangkat tema ‘Satu Tujuan Seribu Langkah Menuju Genre Hebat’.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Halwatiah mengatakan, pemilihan duta Genre sudah menjadi agenda tahunan. Kata dia, Mereka dipilih untuk menjadi duta generasi berencana yang punya peran menjadi teladan bagi remaja.

Kata Halwatiah, duta Genre Kota Parepare Dua tahun belakangan telah mengharumkan nama Kota Parepare. Tidak hanya di tingkat provinsi, juga hingga tingkat nasional.

“Pemilihan duta Genre ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya. Duta Genre kita juga telah menorehkan prestasi dari tahun ketahun. Mulai dari 2018 hingga 2020,” kata Halwatiah.

Mantan Plt Kadis Kesehatan itu menambahkan terpilihnya duta Genre 2021 itu akan menjadi perpanjangan tangan Dinas PPKB Parepare. Dalam hal menyosialisasikan pelbagai program ke masyarakat. Seperti sosialisasi cegah pernikahan dini hingga hindari narkoba dan seks bebas kepada rekan sebayanya.

“Kami berharap mereka bisa mengemban tugas-tugas itu dengan baik. Agar generasi muda kita di Parepare bisa lebih baik lagi ke depannya. Dan tidak kalah penting mereka semua harus tetap bersemangat belajar. Serta menumbuhkan semangat baru dalam rangka peningkatan komitmen dalam pembangunan,” harapnya.

Kepala Bidang Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Andi Arie Zulharby membeberkan sejumlah kriteria peserta dan cara penilaian dalam proses kegiatan tersebut.

Kata dia, peserta duta Genre 2021 adalah remaja berusia 17 hingga 24 tahun. Adapun kriteria pemilihannya yaitu dinilai dari penampilan, penguasaan materi dan intonasi dalam membawakan materi.

“Serta bagaimana mereka memberikan pemecahan masalah atau solusi yang ditawarkan,” ungkapnya.

Arie juga menambahkan, ke depan duta Genre itu akan dijadikan percontohan. Terutama, sambung dia, untuk kegiatan-kegiatan remaja.

“Mereka dijadikan contoh bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan remaja di kota Parepare,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada pemilihan duta Genre 2021 Parepare itu terpilih menjadi juara 1 putra adalah Muhammad Yusuf. Sedangkan juara 1 putri diraih oleh Dian Pratiwi.

Untuk juara 2 putra, Muh. Char Syahban dan juara 3 putra, Muh Fahrul. Sedangkan juara 2 putri, Nurmanda Sari dan juara 3 putri, Novitasari.  Mereka terpilih dari 12 finalis yang mengikuti pemilihan duta Genre 2021 itu.

Reporter: Nur Mubarak
Editor : Mulyadi Ma’ruf

Bagikan :