Dinas PKP Parepare Perketat Pengawasan Hewan

PAREPARE, PIJARNEWS.COM--Guna memberikan jaminan kesehatan terhadap masyarakat yang mengonsumsi daging ayam, kambing, serta sapi jelang perayaan Idul Adha 1439 hijriyah, Dinas Pertanian Kehutanan Perikanan (PKP) Kota Parepare, perketat pengawasan hewan yang melintas di wilayah perbatasan Kota Parepare, pada Senin malam, 20 Agustus 2018.

Pengawasan tersebut dilakukan untuk memberikan jaminan bahwa hewan ternak yang beredar di dalam dan di luar Kota Parepare sehat dengan dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKH) dalam rangka jelang Hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah.
Setiap kendaraan yang mengangkut hewan berupa sapi, ayam, serta kambing, melintas di perbatasan Parepare- Barru diberhentikan oleh petugas dari Dinas PKP yang bekerjas ama dengan dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Parepare untuk diperiksa surat keterangannya.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas PKP Kota Parepare Rostina, mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan jadwal rutin untuk memastikan hewan yang beredar baik di dalam maupun di luar kota Parepare sehat, dibuktikan dengan SKH, namun jika tidak memiliki SKH maka tidak diberikan izin untuk melanjutkan perjalanannya.

“Ini juga dalam rangka jelang Idul Adha, selain Idul Adha juga Idul Fitri kita lakukan,”jelasnya, saat ditemui di sela pemeriksaan.

Rostina menambahkan, selama dua hari kegiatan pengawasan hewan ternak dilkukan di wilayah perbatasan hingga saat ini Dinas PKP kota Parepare belum menemukan hewan yang tidak memiliki SKH dari pemerintahan setempat seperti Dinas Kesehatan Hewan. Pemeriksaan hewan ternak dilakukan di tiga titik yakni perbatasan Parepare-Pinrang, Perbatasan Parepare-Sidrap, dan Perbatasan Parepare-Barru. Selama pemeriksaan berlangsung dominan mobil pengangkut hewan ternak ayam yang banyak diperiksa oleh petugas PKP Parepare. (*)
Reporter: Amir
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News