Dideportasi dari Malaysia, Besok Ratusan TKI Dijadwal Tiba di Pelabuhan Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dijadwalkan tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (4/6/2020) besok.

Ratusan TKI tersebut pulang ke Indonesia karena dideportasi oleh pemerintah Malaysia. Rabu (3/6/2020) hari ini, mereka mulai diberangkatkan dari Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan dengan menumpangi KM Thalia.

Tercatat sebanyak 243 TKI yang akan tiba, 185 di antaranya merupakan warga Sulsel, 26 warga Sulawesi di luar Sulsel, 24 warga NTT, 4 warga NTB, dan 4 warga Jawa Timur.

Terkait kedatangan para TKI tersebut, pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perhubungan tengah berkordinasi dengan Pemprov Sulsel, guna dilakukan penjemputan bagi TKI yang berada diluar Sulsel.

“Untuk warga luar Sulawesi akan langsung dijemput oleh UPT Badan Perlindungan Pekerja Imigran Indonesia dan akan ditampung di Makassar,” ujar Kadis Perhubangan Parepare, Iskandar Nusu.

Terpisah, Syamsu Latanro pemilik KM Thalia mengaku saat ini tengah melakukan persiapan untuk pemberangkatan ke Parepare.

“Kemarin kapal tiba di Nunukan, semua ABK di-rapid test oleh KKP Nunukan dan hasilnya semua nonreaktif, dan dinyatakan steril,” jelas Syamsul.

“Semua dek kapal dilakukan penyemprotan dan dianggap bahwa kapal dalam steril dan siap menerima penumpang, sama dengan 88 orang Deportan sebelumnya, tempatnya kita sudah siapkan berada pada dek bagian atas dan kita isolasi tempat tersebut hingga sampai di pelabuhan Parepare,” pungkasnya.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News