Di Tengah Pandemi, Jumlah Hewan Kurban Desa Tungka Meningkat

Kurban
Suasana saat penyembelihan sapi kurban.

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Hari raya idul adha 1441 H atau biasa dikenal dengan hari qur’ban merupakan hari kebesaran ummat Islam di seluruh dunia.

Di tengah pandemi wabah covid-19, seluruh ummat islam tetap antusias melaksanakan untuk hari raya kebesaran tersebut.

Salah satunya warga Desa Tungka Kecamatan Enrekang yang melaksanakan salat idul adha 1441 H di lapangan, Jumat (31/7/2020). Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban.

Untuk Desa Tungka sendiri menyembeli hewan kurban sebanyak 50 ekor, hal tersebut sangat disyukuri oleh Hardi, panitia kurban dan warga setempat.

“Selaku panitia yang diberikan kepercayaan kepada masyarakat merupakan suatu kesyukuran tersendiri apalagi dengan kesadaran ummat islam terkhusus warga Desa Tungka yang terdiri dari 4 dusun yakni (Tungka, Galung dan Tapuan),” ujar Hadir selaku ketua Panitia.

Menurut pengakuan panitia, yang ikut berkurban tahun ini bukan hanya penduduk setempat, tapi dari berbagai daerah termasuk dari luar Sulawesi.

“Selain itu, beberapa keluarga yang di luar daerah seperti Papua, Kalimantan, Malaysia dan daerah tetangga yang juga terlibat berkurban. Jadi secara keseluruhan ada 50 ekor,” tambahnya.

Kemudian salah seorang pemuda di desa tersebut menambahkan, untuk jumlah kurban tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin.

“Awalnya kita mengira, kemungkinan besar tahun ini yang akan berkurban hanya sedikit. Paling berkisar 10-an ekor karena kondisi wabah corona yang belum pulih,” ujar Hamka.

Kemudian tambah Hamka, “kalau tahun 2019 lalu berkisar 30-an ekor secara keseluruhan, tapi alhamdulillah sekarang sudah ada 50 ekor,” tambahnya.

Semoga dengan niat dan ikhlas serta bentuk tawakkal kepada Allah menjadikan segala amal dan perbuatan kita dinilai ibadah dan diterima disisi Allah SWT. (*)

Reporter : Armin

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News