Di Mata Ayahnya, Haerul Sosok Kreatif Memodifikasi Mesin

Adik Haerul dan ayahnya, Mappabengnga.

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Haerul (34), warga asal Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan mendadak viral di media sosial.

Pasalnya Haerul berhasil merakit dan menerbangkan pesawatnya sendiri. Setelah gagal uji coba selama lima kali, Haerul kemudian berhasil menerbangkan pesawat jenis ultralight miliknya di Pantai Ujung Tape, Pinrang, Rabu (15/1/2020) lalu.

Haerul merupakan putra keempat dari pasangan Mappabengnga dan Hasna. Dalam dunia pendidikan Haerul hanya sampai kelas 5 SD, lantaran kedua orang tuanya tidak memiliķi biaya.

Saat berhenti dalam dunia pendidikan, ayahnya yang berprofesi sebagai montir dan memiliki usaha bengkel las sendiri kerap mengikutkan Haerul saat hendak bekerja. Dari situ Haerul kecil kemudian akrab dengan mesin.

“Saat Haerul berhenti sekolah karena tidak ada modal, dia selalu membantu saya di bengkel,” ungkap Mappabengnga, ayah Haerul kepada pijarnews.com di kediamannya, Jumat (17/1/2020).

Menurut ayahnya di antara beberapa anak laki-lakinya semua memiliki kelebihan di bidang otomotif (ahli mesin). Namun Haerul yang paling kreatif dalam memodifikasi mesin.

Mappabengnga mengatakan, Haerul memang memiliki keunikan. “Dia itu memang selalu ingin memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain,” tuturnya.

Haerul dari dulu memang senang dengan pesawat. Ia sering nonton youtube dan mempelajari segala hal berkaitan dengan pesawat. Dari situ Haerul kemudian mencoba merakit pesawat sendiri menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 CC miliknya.

Dalam proses perakitan, ayah Haerul kerap memberikan dorongan serta usulan dalam menyelesaikan pesawat tersebut dengan sempurna.

“Bangga sekali karena seluruh dunia tidak ada yang begini, menggunakan bahan bekas, bahan bakar premium, mesin kecil dan baling-baling kayu ternyata bisa terbang,” katanya.

Ayahnya berharap agar Haerul dapat senantiasa mengembangkan keativitasnya. “Semoga dia senantiasa bisa membuat pesawat yang lebih bagus lagi nantinya,” harapnya.

Simak vidio wawancara ayah Haerul.

(*)

Reporter : Hamdan
Editor: Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda